Evoria M Bloc Fest 2024 Menghadirkan Parade Musik, Seni, Desain, Film dan Fashion Dalam Satu Kawasan

Jakarta (19/9/2024), jalurseleberiti.com - Evoria M Bloc Fest adalah Festival For the Next Big Things. Sebuah festival industri kreatif tahunan yang berlangsung selama sepuluh hari dan dipersembahkan M Bloc Entertainment bersama co-creator Evoria #ExplorAja yang menampilkan subkultur musik, seni, desain, film dan fashion di dalam satu kawasan.

Bertujuan menemukan dan mendukung pergerakan para 
talenta baru beserta karyanya yang bakal menjadi besar di kemudian hari. Festival ini sekaligus merayakan hari jadi M Bloc Space yang kelima pada 26 September mendatang sebagai ruang kreatif publik dan melting pot komunitas untuk berjejaring di Jakarta.

Evoria M Bloc Fest 2024 yang berlangsung pada 27 September hingga 6 Oktober mendatang di M Bloc Space, Jakarta Selatan merupakan payung bagi beberapa 
festival dengan ragam kegiatan, pertunjukan serta pameran yang diramaikan para talenta teranyar hingga kawakan.

Mulai dari M Bloc Design Week (MBDW) (27 September - 6 Oktober 2024), M Bloc Music Festival (27, 28, 29 September 2024), X Short, X Fashion, dan X OpenLab (27, 28, 29 September 2024). 

Ada enam venue yang akan menjadi lokasi penyelenggaraan M Bloc Fest 2024 yaitu M Bloc Live House, Creative Hall, Mini Gallery, Bloc Bar, LRS Stage hingga M Bloc.

Menariknya, proses kurasi, penemuan talenta, serta karya-karya baru bagi M Bloc Fest tahun ini sudah berjalan sejak awal tahun melalui ajang Evoria Festival 2024 yang digelar pada 26 Mei hingga 2 Juni lalu di M Bloc Space. 

Selain pertunjukan musik dan fashion, diadakan pula inkubasi musik, film, fashion, art dan design dalam format lokakarya, temuwicara, hingga konsultasi karya bersama para profesional di bidang masing-masing.

Jumlah artis musik yang ikut mendaftar pada ajang Evoria 
tahun ini tercatat sebanyak 907 musisi/band dari berbagai kota di Indonesia.
“Memasuki tahun ketiganya, M Bloc Fest bersama Evoria #ExplorAja semakin memantapkan posisinya sebagai festival industri kreatif nasional yang terbuka bagi para pendatang baru dari berbagai skena kreatif. Komitmen utama kami adalah selalu menemukan bakat-bakat baru yang tengah berkembang, membantu 
memperkenalkan karya-karya terobosan mereka kepada media, profesional, hingga audiens yang lebih luas via Evoria M Bloc Fest. Semoga dalam waktu tidak terlalu lama festival ini bisa menjadi mata rantai pasokan talenta dan karya bagi berbagai festival besar di tanah air, a festival for the next big things,” jelas Wendi Putranto, co-founder dan Program Director M Bloc Fest.
 
“Substansi genetik yang selalu diusung oleh Evoria adalah eksplorasi. Evoria movement konsisten mendukung ekosistem karya kreatif di Indonesia, menyiapkan ruang interaksi tidak hanya antara pelaku dari berbagai skena kreatif maupun dengan audiens, tapi juga stakeholder yang lebih luas. Kami yakin kehadiran Evoria M Bloc Fest 2024 dapat memperkuat jejak kreativitas anak bangsa dalam mengeksplorasi karya yang hadir dalam sebuah format festival keren di Indonesia,”
ungkap Edric Chandra selaku Program Initiator Evoria Movement.

Berikut penjelasan lebih rinci mengenai rangkaian acara M Bloc Fest 2024:

Evoria M Bloc Music Festival (MBMF) yang diadakan selama tiga hari, mulai Jumat (27/9/2024), Sabtu (28/9/2024) dan Minggu (29/9/2024), adalah festival musik multi genre tahunan yang mengutamakan penampilan para band/musisi pendatang baru yang potensial menjadi nama besar di masa depan.

Para penampil pendatang baru yang 
tampil di sini mayoritas merupakan hasil inkubasi dan kurasi talenta dari ajang Evoria Festival yang telah digelar sebelumnya di tempat yang sama.

Line-up para pendatang baru yang akan tampil adalah Axel Gulla, KRLY, 
Megatruh Sound System, Amis, RABR, Robin & The Poetry, Lady Camaro, Intisore, Aneesa, Patricia Gabe Ratu, Juicebox, Sanca Project, Tsoutt, Graf, Daisea, hingga Zirbad.

Sementara nama-nama terkemuka lainnya yang juga didominasi pendatang baru yang bakal tampil adalah Voice of Baceprot (VOB), Dongker, Lips, Black Horses, Leipzig, Kuntari, Sunwich, White Chorus, Denny Frust, Rub of Rub, Adhitia Sofyan, Endah N Rhesa, Ghea Indrawari, Good Morning Everyone, MTAD, Tuantigabelas x Yacko, hingga Morfem.

Ada tiga venue di M Bloc Space yang akan digunakan untuk MBMF 2024 yaitu M Bloc Live House, Bloc Bar, dan LRS Stage.

Tiket MBMF 2024 sudah mulai bisa didapatkan sekarang. 1 Day Pass Rp 100.000 dan 3 Day Pass Rp 200.000. Hanya dapat dibeli via GOERS selaku official ticketing partner MBMF 2024.

M Bloc Design Week (MBDW) merupakan pameran lintas disiplin desain mulai dari desain produk, arsitektur, fashion, desain grafis, dan desain interior. Lebih dari 20 peserta/kolaborator/studio berperan serta memamerkan hasil karya mereka.

MBDW2024 yang mengusung tema “Daur Rupa – Sustainable Design” dengan ragam program seperti pameran, lokakarya, temu wicara, dan tur telusur kota yang dimulai 27 September hingga 6 Oktober 2024 di area Creative Hall, M Bloc Space.
Selain di M Bloc Space dan Pos Bloc Jakarta, MBDW2024 diadakan serentak pula di enam sirkuit kreatif M Bloc Group dan jejaringnya yang berada di beberapa kota di Indonesia yaitu Pos Bloc Medan, Pos Bloc Surabaya, Fabriek Bloc (Padang), JNM Bloc (Yogyakarta), Lokananta (Surakarta), serta Uma Seminyak (Bali).

Dalam penyelenggaraannya, MBDW 2024 menyajikan rangkaian kegiatan menarik yang melibatkan berbagai bidang desain dan komunitas kreatif.

Beberapa agenda utama dalam acara ini meliputi:
1. Pameran Desain dari 5 Bidang Utama — Menampilkan karya-karya 
inovatif yang mengedepankan prinsip sustainable design dari berbagai disiplin, mulai dari desain produk, arsitektur, fashion, desain grafis, hingga desain interior, dengan ragam kolaborator seperti Bell Living Lab, StudioRK, What if Lab (M Bloc Space), FT ITB dan FTUI (Pos Bloc Jakarta), YYAF & Arsitektur UAJY (JNM Bloc, Yogyakarta), INRARE (Lokananta, Surakarta), dan Studio Banda x Alex Ladda Architects (Uma Seminyak), dan lainnya.
2. Design Conference — Diskusi mendalam tentang tren, tantangan, dan masa depan desain berkelanjutan yang akan diisi oleh Antonius Richard (Founder and Principal of RAD+ar), Realrich Sjarief (Founder and Principal of RAW Architect), Anton Siura (Founder and Principal of SIURA Studio) dan Sibarani Sofian (Founder of URBAN+)
3. Mata Talks — Sesi inspiratif berupa talkshow yang menghadirkan tokoh-tokoh kreatif terkemuka serta pelaku industri yang akan berbagi pengalaman mereka dalam menghadapi tantangan lingkungan melalui inovasi dan aktivasi, di antaranya: There are Kampungs in the Future, Mencari Nafkah yang Lestari dengan Kreasi Ragam Hias, Repurpose Heritage Compound 
with Rumah Tangsi (Malaysia) dan masih banyak lagi.
4. Workshop — Ragam pelatihan interaktif yang mengajak peserta untuk belajar langsung dari para ahli tentang penerapan desain berkelanjutan dalam berbagai konteks.
5. Design Walks — Tur kreatif yang akan mengajak peserta menjelajahi 
sudut-sudut kota dan mengenal lebih dalam tentang berbagai inisiatif kreatif yang ada di sekitar mereka.

Informasi lebih lanjut tentang MBDW2024 silakan berselancar ke 
www.mblocdesignweek.id
M Bloc Experience Hadirkan XFashion, XShort, dan XOpenLab 
BlocX atau M Bloc Experience sebagai open innovation lab adalah terminal ide, wadah pengetahuan, dan sumber informasi bagi para pelaku industri kreatif untuk memantik dan menginisiasi keterlibatan seluruh elemen industri kreatif di Indonesia untuk mengembangkan aset-aset kekayaan intelektual.

Program inkubasi ini memadukan kreativitas dengan mentoring dari para ahli di industri kreatif. Selama 
tiga hari penuh – 27, 28, 29 September 2024 di area M Bloc Market – BlocX yang diinisiasi bersama dengan Evoria akan menampilkan sederet karya dari para seniman, desainer hingga konten kreator.

BlocX mencakup tiga subculture, yaitu XFashion, XShort, dan XOpenLab yang memberikan ruang bagi para finalis inkubasi tiga subculture di atas untuk 
mengembangkan karya mereka di bidang fashion, seni eksperimen, hingga film pendek. Para peserta yang telah mengikuti proses inkubasi intensif di bawah bimbingan mentor-mentor ternama pada ajang Evoria Festival sebelumnya kini siap memamerkan hasil karya mereka di ajang Evoria M Bloc Fest 2024.

Karya-karya ini merupakan refleksi dari bakat, kreativitas, dan kerja keras para finalis yang telah melalui proses mentoring selama beberapa bulan terakhir.

Selain penayangan karya, MBX akan menghadirkan sejumlah pembicara seniman-seniman ternama, termasuk di antaranya Ryan Geraldin, Anindito Wisnu, Alain Gunawan, Rifqi Zarkasih, Faza Meonk, Daud Nugraga, Upie Guava, INAFED dan nama-nama lain.

Para pembicara ini akan berbagi pengalaman dan wawasan tentang industri kreatif dan menginspirasi audiens untuk terus berkarya. 
***
Info lebih lanjut: 
Dina (085882689736/halo@mblocspace.com) 
Instagram: @evoria.id @mblocfest @mblocdesignweek @mblocx @mblocspace 
@mblocentertainment
 
Tentang M Bloc Entertainment (MBE)
 
Perusahaan hiburan nasional berlokasi di Blok M, Jakarta Selatan yang didirikan sejak awal 2022. Fokus bergerak dalam memproduksi konser, tur, festival, venue operator hingga merchandise.

Di antaranya pernah menyelenggarakan konser 
tunggal Pamungkas, Festival Lokananta 2023 di Surakarta, Evoria Festival & Conference, Jakarta Music Con hingga M Bloc Fest di Jakarta.

MBE merupakan anak usaha dari M Bloc Group (PT Radar Ruang Riang).
 
Tentang Evoria Movement 

Evoria Movement merupakan gerakan yang dilakukan dengan tujuan memperkuat ekosistem berkesenian, mendukung kebebasan berkarya yang pada prinsipnya merupakan manifesto dalam mendukung perkembangan karya-karya kreatif di tanah air.

Diinisiasi oleh brand Diplomat EVO, Evoria merupakan “Playground of Creativity” bagi semua pelaku industri kreatif untuk berkarya para talenta teranyar hingga kawakan dari berbagai bidang industri kreatif lokal dan nasional.

M Bloc Festival 2024 juga didukung oleh Epson dan Digimed. (Red)
Lebih baru Lebih lama