Nelayan Tidak Melaut, Babinsa Koramil-02/Penjaringan Ajak Berkebun Urban Farming

Jakarta Utara, jalurseleberiti.com - Koramil-02/Penjaringan Kodim 0502/JU konsisten meningkatkan ketahanan pangan di wilayah teritorialnya melalui urban farming yang terdapat di masing-masing Kelurahan, salah satunya di lahan tidur milik RW.08 Jl. Karang Manis XIII Blok H6 Kel. Pluit Kec. Penjaringan Jakarta Utara, Rabu (17/7/2024).

Di atas lahan seluas 200 M2 tersebut, Babinsa Kel. Pluit Sertu Kamrisudin dan Serda Maswandi mengajak nelayan Muara Angke yang tidak bisa melaut untuk belajar berkebun berbagai jenis tanaman sayuran.
Danramil-02/Penjaringan Mayor Kav Wahyuansyah N.H. S.Sos., M.P.A, menjelaskan kegiatan Urban Farming sejalan dengan kebijakan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang memerintahkan jajarannya mengubah lahan-lahan tidur untuk menjadi lahan produktif.

Lebih lanjut menurut Danramil, Nelayan yang tidak melaut karena faktor cuaca diajak untuk belajar bercocok tanam berbagai jenis sayuran seperti sawi, kangkung dan tanaman cabe yang tentunya dapat menambah penghasilan untuk mereka.

"Selain di lahan tidur milik Rw.08 Pluit, kita juga memerintahkan Babinsa untuk memanfaatkan lahan tidur di wilayah lainnya bersama masyarakat untuk program urban farming, tentunya kita meminta izin dahulu kepada pemilik lahan," ujar Wahyu.

Menurut Danramil, urban farming tidak hanya memberikan dampak positif terhadap ketahanan pangan, tetapi juga menjadi salah satu upaya dalam mengoptimalkan pemanfaatan lahan di tengah keterbatasan ruang terbuka hijau di daerah perkotaan.

“Diharapkan, keberhasilan ini dapat menginspirasi inisiatif serupa di berbagai wilayah lainnya, sehingga masyarakat semakin terpenuhi kebutuhan pangan mereka secara mandiri dan berkelanjutan,” pungkasnya. (Pemred: Zaenal Langgar)

Sumber: Pendim 0502/JU
Lebih baru Lebih lama