Kodim 1513/SBB Gelar Pencanangan Kampung Pancasila - Basudara Pattimura Tahun 2024 di Dusun Aster Piru

Piru (26/6/2024), jalurseleberiti.com - Komando Distrik Militer (Kodim) 1513/SBB menggelar Pencanangan Dusun Aster, Desa Piru, sebagai Kampung Pancasila - Basudara Pattimura Tahun 2024, yang dipusatkan di Lapangan Kompleks Kabaresy, Dusun Aster, Kota Piru, pada Selasa, (25/6/2024).
Hadir dalam acara tersebut, Dandim 1513/SBB, Letkol Inf Rudolf Paulus, Imam Masjid Al Muhajrn Piru, Pastor Santa Theresia, Piru, Gories Matly, Kepala Dinas PMD Kabupaten SBB, Drs. Soleman Kibas, Kadis Perumahan SBB, Mansur Tutupoho, PLT Kadis Kesehatan, M Hasan Tuharea, Danramil 1513-01/Piru, Kapten Arm, Ismail, Sekretaris Kecamatan Seram Barat, Ricky Mandaku, para prajurit dari jajaran Kodim 1513/SBB dan Koramil Piru, serta warga masyarakat Dusun Aster.

Dalam sambutannya, Dandim 1513/SBB, Letkol Inf Rudolf Paulus  menyatakan, terima kasih atas kehadiran para hadirin yang sudah berkenan datang walaupun cuaca  sedang dilanda hujan.

Paulus mengungkapkan, program Kampung Pancasila adalah program tahunan TNI AD yang akan dilombakan pada jajaran Kodim di seluruh tanah air, pihak Kodim 1513/SBB baru dapat menggelar di tahun ini, yang merupakan tahun kedua berdirinya Kodim 1513/SBB.

"Tahun kemarin, 2023, saya masih fokus untuk benahi pangkalan dulu, tahun ini baru saya ambil langkah dengan segala keterbatasan untuk mengambil langkah besar ke depan," tukas lulusan Akmil 2003 ini.
Paulus mengharapkan, Kampung Pancasila - Basudara Pattimura Tahun 2024 di Dusun Aster, Piru ini yang menjadi kampung binaan Kodim 1513/SBB sehingga menjadi role model, desa di Kabupaten SBB, bukan saja desa yang menjadi binaan Pemda SBB yang dipersiapkan untuk mengikuti Lomba Desa, untuk itu dirinnya mengharapkan peran serta masyarakat dan pemerintah untuk saling membahu dalam membangun desa tersebut.

Menurut Paulus untuk bertanding pada Lomba Kampung Pancasila ada 4 kriteria yang dinilai yakni, Ketahanan Pangan, Keamanan Rakyat (Kamra), Karang Taruna dan UMKM.

Untuk kriteria Ketahanan Pangan,  masyarakat diharapkan untuk berperan aktif dalam memanfaatkan halaman dan lahan yang kosong menjadi produktif, dengan menanam sayur-sayuran atau beternak ayam, sehingga nanti pada saat dibuka dapur umum hasil pertanian masyatakat bisa dibeli untuk memasok bahan makanan.
Program Dapur Umum tersebut, adalah merupakan bagian dari visi misi Presiden RI Terpilih periode 2024/2029, Prabowo Subianto yang akan dilantik pada bulan oktober mendatang, yakni memberi makan anak sekolah, pesantren dan yatim piatu, dimana program tersebut sudah dilakukan di Provinsi Jawa Barat.

Menurut Dandim 1513/SBB, dengan digulirkannya program ini maka akan terjadi perputaran ekonomi dimana hasil-hasil pertanian dan peternakan masyarakat dimanfaatkan dan masyarakat sendiri dapat menghasilkan pendapatan dari lingkungannya. (Nicko Kastanja)
Lebih baru Lebih lama