Mahania Lida Artis Bali Tunanetra Lama Menghilang Kerap Dihina Bahkan Diludahi

Denpasar (13/10/2023), Dihari Penglihatan Dunia mungkin kita banyak bersyukur namun bagi
Mahania seorang penyanyi yang bersuara emas berasal dari Bali. Dengan ayah bernama Supriadi dan Ibu bernama Unaiya, bertempat tinggal di Desa Air Kuning Jembrana Bali.
Nama Mahania yang mengharumkan nama Bali dengan suaranya yang merdu, juga selalu disupport Pemda Setempat yang mampu membuat terkesima semua penonton bahkan kerab kita saksikan tampil duet dengan penyanyi-penyanyi top dan ternama di tanah air, seperti Raja Dangdut H.Rhoma Irama, Rita Sugiarto dan lain sebagainya, 

Dia juga kerap membuat para dewan juri bercucuran air mata, manakala menyaksikan Mahania membawakan sebuah lagu di setiap tampilannya di dalam acara ajang pencarian bakat dalam salah satu program TV swasta dan tentunya nama Mahania sudah tak asing lagi di telinga kita semua. 

Kesabaran ayahandanya yang selalu mensupport memberi angin dan sempat booming pada saat itu. Namun sungguh sangat di sayangkan nasibnya ternyata kini tak seindah suaranya.

"Saya sudah tidak menyanyi lagi bahkan jika ada yang memanggil bernyanyi ada candaan atau perkataan yang tidak menyenangkan," ucapnya.
Mahania seakan dilupakan publik, banyak kisah tak menyenangkan yang kerap diterima Mahania baik perlakuan sengaja dan tak sengaja.

Penyanyi penyandang tuna netra asal Bali ini, ternyata kerap mendapatkan perlakuan yang tak pantas serta bulian dari beberapa orang, hanya karena tuhan menakdirkan fisiknya yang kurang sempurna seperti orang lain pada umumnya, menurut pengakuan Mahania sendiri terkadang  dia juga kerab di undang di salah satu acara, namun tidak mendapatkan bayaran yang layak, bahkan pernah juga di ludahi di depan umum hanya karena dia tak sengaja memecahkan gelas yang tersenggol.

Tidak hanya sampai disitu saja, masih menurut pengakuan dari Mahania sendiri, bahwa dia juga kerap mendapatkan cacian dan makian serta mendapat perlakuan yang tentunya sangat-sangat tidak pantas di perlakukan pada penyandang tunanetra , seseorang apalagi hanya karena beliau menyandang nasib sebagai seorang tunanetra.

Hingga rasa trauma masih terus ia rasakan hingga saat ini, dan bahkan dia sendiri terkadang merasa tidak lagi memiliki rasa percaya diri seperti pada saat dia masih mengikuti audisi di salah satu tv swasta dulu, bahkan terkadang dia juga kerap menolak saat di undang untuk tampil di panggung-panggung hiburan walau hanya sekedar untuk  menghibur fansnya saja.
Pada saat wawancara dengan media ini, bertepatan dengan peringatan Hari Penglihatan Sedunia yang diperingati  pada setiap tanggal 12 Oktober setiap tahunnya.

Semoga segala hinaan  Mahania-Mahania lainnya di negeri kita tercinta ini tidak ada lagi, Selamat Hari Penglihatan Sedunia. (Red/Mardi Voice Actor)
Lebih baru Lebih lama