Bahayanya Radiasi Ponsel Sebabkan Insomnia dan Bisa Stroke Mata

saatkita.com,Jakarta - Diketahui bahwa penggunaan ponsel dapat menimbulkan dampak negatif bagi tubuh. Salah satunya adalah susah tidur. Insomnia adalah gangguan tidur yang terjadi ketika seseorang mengalami kesulitan untuk tertidur atau tetap tertidur. Selain itu, ketegangan mata digital yang disebabkan oleh gelombang cahaya pendek yang dihasilkan layar komputer dapat menurunkan kadar melatonin. 

Melatonin merupakan hormon yang dikeluarkan atau diproduksi tubuh pada malam hari dan berperan dalam mengatur siklus tidur. "Ketegangan mata digital ini terkait dengan aktivitas berkepanjangan di depan produk elektronik. Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa 67,24% pasien ketegangan mata digital memiliki kualitas tidur yang buruk.





kecelakaan akibat insomnia. Selain itu, ada juga risiko penyakit darah tinggi dan diabetes yang juga perlu diwaspadai, karena bisa saja terjadi gangguan mata yang disebut stroke saraf optik. Jika saraf optik terganggu, penglihatan menjadi kurang optimal. 

Saraf mata disebut saraf optik, jika saraf optik tersumbat maka aliran darah akan terhambat karena tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, dll. Hal ini menyebabkan kurang optimalnya tingkat nutrisi dan oksigen yang disuplai ke saraf optik.(red)

Baca Juga

Lebih baru Lebih lama