Ian Kasela Vokalis Radja Band Perjalanannya di Industri Musik Indonesia

Jakarta (21/3/2023), jalurseleberiti.com

Iandhika Mulya Ramadhan atau yang lebih populer dengan nama Ian Kasela, tercatat lahir di Banjarmasin pada tanggal 17 September 1976. Ian Kasela menikah dengan Lusiana Novianti dan memiliki 3 orang anak, Muhamad Farry Hugo Noviandi dan Muhammad Farel Noviandika (lahir 13 Juli 2007, dan anak bungsu mereka Muhammad Vallentino Putra Noviandhika.

Perjuangan Ian Kasela menjadi terkenal saat ini cukup panjang, diawali dengan berbekal kemampuan vokal Ian pada tahun 1994 hijrah ke Jakarta, setelah tamat SMA. Di Jakarta Ian menyusul kakaknya Moldy yang sejak tahun 1990 sudah tinggal di Jakarta.

Dalam perjalanannya Ian Kasela di Jakarta, keberuntungan pun menghampirinya saat Band U Camp membutuhkan backing vokal dan Ian pun ditawari untuk mengisinya. Setelah beberapa tahun menjadi penyanyi latar, seorang produser melihat potensi yang dimiliki Ian Kasela dan menawarinya untuk melakukan rekaman.

Album pertamanya yang berjudul Tak Mau Sendiri berisi 12 lagu, diproduseri oleh Metrotama Record pada tahun 1994. Namun karena kurangnya promosi, setelah beredar di pasaran album tersebut tidak seperti yang diharapkan.

Tidak parah semangat, Ian Kasela kembali masuk dapur rekaman dan merilis album keduanya yang bertema Melayang pada tahun 1998. Album yang terdiri dari 12 lagu tersebut, diproduksi oleh Satria Kurnia Irama.

Kemudian Ian Kasela juga melakukan rekaman untuk album kompilasi yang bertajuk Cinta Negeri Serumpun pada tahu.n 1998 yang diproduksi oleh PT Gita Gemilang Record. Dalam satu lagu di album tersebut, Ian Kasela berduet dengan lady rocker era 80’an Sylvia Saartje.

Namun penjualan kedua kaset rekaman bernasib sama dengan rekaman album pertamanya. Ian Kasela pun memutuskan untuk berhenti sejenak dari dunia rekaman, dan mengikuti Moldy bermain musik di kafe-kafe.

Pada tahun 2001, Ian Kasela dan Moldy mengajak Adit dan Shuma membentuk grup Band Radja tepatnya pada tanggal 17 Maret 2001. Radja Band melakukan rekaman perdana dengan tajuk Lepas Masa Lalu, dengan lagu hitsnya Biar Aku Menjagamu.

Di album Lepas Masa Lalu yang diproduksi oleh Universal Music Indonesia berisi 10 lagu. Namun album perdana Radja tidak dapat didistribusikan dan dipromosikan secara maksimal, akibat masalah internal yang dialami Universal Music Indonesia.

Pada pertengahan tahun 2002, Shuma dan Adit memutuskan mundur dari personel Radja, formasi mereka kemudian digantikan oleh Indra sebagai bassis dan Seno sebagai drummer terhitung sejak Mei 2003.

Dengan formasi baru, Radja kembali masuk dapur rekaman, dengan dirilisnya album kedua yang bertajuk Manusia Biasa. Dengan lagu hits di album keduanya, Cinderella dan Jujur pada tahun 2003.

Dalam album yang diproduksi oleh Malta Musik Indonesia ini, berisi 10 lagu, namun album kedua Radja lagi-lagi tidak dapat didistribusikan secara maksimal. Hal ini membuat Radja memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak dengan perusahaan yang menaungi mereka yang berakhir tahun Aktif 2004.

Kesuksesan Band Radja baru muncul pada akhir tahun 2004 saat mereka bergabung dengan AMI Musik Indonesia. Radja pun meluncurkan album yang diberi judul Langkah Baru, berisikan lagu-lagu mereka di album sebelumnya ditambah 3 lagu baru pada awal tahun 2005.

Album Radja kali ini meledak di pasaran dan berhasil meraih Golden Award untuk penjualan kaset diatas 75 ribu copy. Keberhasilan album ini diikuti oleh keberhasilan album Radja berikutnya, yakni: album bertajuk Aku Ada Karena Kau Ada pada tahun 2006, 1000 Bulan pada tahun 2006 dan album bertajuk Untuk Semua pada tahun 2007.

Selain itu Ian Kasela juga telah berkolaborasi dengan Krisna And News Spectrum dalam album Life From Event dalam album yang diproduksi oleh AMI Musik Indonesia pada tahun 2007, terdapat sebuah single hits berjudul Seharusnya.

Selain aktif bernyanyi, Ian Kasela juga pernah bermain dalam sebuah film layar lebar, dengan peran sebagai Cecep di film Musik Untuk Cinta pada tahun 2017. Itulah sekilas tentang Ian Kasela Vokalis Radja, yang dirangkum dari berbagai sumber. (Red)

Baca juga: Profil dan Biodata Uty Bonita Ex – Personel JKT48 Yang Kini Bekerja di Perusahaan BUMN

Baca juga: Raisa Andriana Biodata dan Perjalanan Kariernya

Lebih baru Lebih lama