Kesenian Dongkrek Dari Madiun Hampir Punah, Perlunya Perhatian Pemerintah

Madiun (17/1/2023), jalurseleberiti.com

Madiun sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Timur, dikenal dengan Kesenian Tari dan Seni Topeng Dongkrek yang hampir punah. Hal hampir punah Kesenian Dongkrek menjadi perhatian, Tri Sakti Hendriyanto yang berprofesi sebagai Seniman Dongkrek.

Tri Sakti Hendriyanto tidak segan menghibahkan alat Dongkrek ke Lembaga Seni Budaya yang ada di Jawa Timur, diantaranya ke Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya dan Dewan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan (DKKP) beberapa waktu lalu.

Pada Minggu (15/1/2023), Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jatim, berkunjung ke Sanggar Dongkrek Condro Budoyo di Caruban, Madiun.

Selain Ki Bagong Sabdo Sinukarto, Ketua Umum FPK, hadir juga Tribroto Wibisono pakar tari Jawa Timur, Yuli Wiyantini dari Tulungagung dan beberapa seniman dari Pasuruan.

Dalam dialog dengan Seniman Dongkrek, Bagong sangat mengapresiasi langkah nyata Andri, panggilan akrab seniman Dongkrek, Tri Sakti Hendriyanto.

Betapa tidak, selain menghibahkan peralatan Dongkrek, dirinya juga sering mengirim kelompok Dongkrek Condro Budoyo yang ditanganinya untuk pentas ke beberapa daerah bahkan Istana Merdeka.

Semua kegiatan itu dibiayai dari kantong pribadi, sangat minim dukungan dari pemerintah.

”FPK sangat berterima kasih atas dedikasi dan loyalitas Mas Andri dalam mengembangkan Dongkrek” ujar Ketua Umum FPK.

Bagong juga berharap Pemerintah Kabupaten Madiun, untuk turun tangan dalam upaya pelestarian seni yang hampir punah ini.

Sementara itu, Andri mengatakan jika apa yang dilakukan ini murni sebuah perjuangan seniman mempertahankan budaya yang merupakan jati diri bangsa.

Bahkan tidak hanya memberi hibah kepada sesama seniman, Andri juga memberikan beberapa karyanya yang berupa ukir kayu kepada keluarga Presiden RI Joko Widodo.

“Salah satu karya saya menjadi penghias ornamen di kediaman Bapak Presiden di Solo,” ungkapnya bangga.

Dalam acara silahturahmi budaya ini, FPK memberi Piagam Penghargaan atas perjuangan Andri melestarikan dan mengembangkan Dongkrek, sebaliknya Andri memberi cinderamata berupa ”Korek” salah satu instrumen dalam Kesenian Dongkrek.(Mardi Voice Actor)

Baca juga : Aksi Terpuji Karyawan Angkasa Pura Bandara Hasanuddin Mengembalikan Tas Tertinggal Kepada Pemiliknya

Baca juga : Irwan Ketoprak Tetap Eksis Berdagang Keliling Mesti Harus Bersaing Dengan Waralaba Siap Saji Yang Marak Berjamur Di Jabodetabek

Lebih baru Lebih lama