Gubernur Maluku Murad Ismail Melaunching Gerai Baileo UMKM di Bandara Pattimura

Ambon (20/12/2022), jalurseleberiti.com -

Gubernur Maluku Irjen. Pol. (Purn) Drs. Murad Ismail secara resmi melaunching Gerai Baileo UMKM Maluku di Bandara Pattimura Ambon, Selasa (20/12/2022), bertempat di Ruang Tunggu Lantai II, Bandar Udara Pattimura Ambon.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua TGPP Provinsi Maluku Hadi Basalamah, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Sadali Ie, Forkopimda Provinsi Maluku, Pimpinan Perbankan, BUMN/BUMD, Pimpinan OPD Lingkup Pemprov Maluku, Pelaku UMKM, beserta unsur terkait lainnya.
Gubernur Maluku dalam sambutannya mengatakan keberadaan gerai ini memberikan dampak terhadap pemberdayaan UMKM ke arah yang lebih profesional dalam mengembangkan usahanya, sebagai ajang promosi produk UMKM unggulan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi Maluku, meningkatkan penyerapan tenaga kerja, serta terciptanya jejaring Kerjasama antar UMKM dengan BUMN/BUMD dan pengusaha besar.

Sementara itu, dalam laporan Ketua TGPP Provinsi Maluku Basalamah, menyampaikan ide dari pembangunan Gerai ini, datang dari pelaksanaan Maluku Baileo Exhibition dan Forum Investasi Februari lalu di Makassar, yang mana potensi produk Maluku terlihat sangat kompetitif dan cukup bersaing sehingga berdasarkan arahan Gubernur Maluku dan Ketua Dekranasda Provinsi Maluku, yang diasistensi oleh Sekretaris Daerah Maluku, maka UMKM perlu dikembangkan, melalui pembangunan gerai.
Ketua TGPP Promal ini juga mengatakan, bahwa sudah ada blueprint UMKM Maluku Satu Data, dan juga ada proses untuk mendukung Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dalam bentuk gerai yang memanfaatkan dana PMK 134 sesuai arahan Sekretaris Daerah Provinsi Maluku yang akan diserahkan secara simbolis dengan kurang lebih 120 spot gerai, yang berkualitas cukup baik.

“Diharapkan program ini bisa melahirkan spot-spot baru untuk UMKM Maluku yang mana apa yang diharapkan Gubernur Maluku bisa diwujudkan bersama-sama seperti kata hubernur kolaborasi itu menjadi penting,” tutupnya.(Jlou)
Lebih baru Lebih lama