DANLANTAMAL IX Gelar Upacara Pada Puncak Peringatan Hari Armada RI Tahun 2022

Ambon (5/12/2022), jalurseleberiti.com -

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon, gelar upacara memperingati HUT Armada RI Tahun 2022 di Mako Lantamal IX Ambon, Senin (05/12/2022).

Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., pada hari Senin yang biasanya diadakan upacara penaikan bendera akan tetapi hari ini bertepatan dengan Peringatan HUT Armada RI pada 5 Desember 2022, Danlantamal IX Ambon dalam hal ini diwakili oleh Wadan Lantamal IX Ambon Kolonel Laut (P) Eka Prabawa, S.E., M.Tr.Opsla., sebagai Inspekrur Upacara, dengan pasukan yang di pimpin oleh Komandan Upacara yaitu Kasatkom Lantamal IX Ambon Letkol Laut (P) Raymond Donald Louhenapessy, M.Tr.Opsla., melalui tema “Komando Armada Pengawal Samudera Untuk Mendukung Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, upacara berlangsung dengan khidmat dalam cuaca yang teduh.
Pada saat pembacaan amanat Wadan Lantamal IX Ambon menyampaikan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., pada isi amanat tersebut KASAL menyampaikan, Pada hari yang istimewa ini, dengan rasa bangga saya kembali berdiri di hadapan para prajurit ksatria perkasa di tengah Samudra, para punggawa Armada Republik Indonesia. Hari ini kita torehkan sejarah, untuk pertama kali hari Armada kita peringati secara terpusat di Tanjung Pinang Kepulauan Riau.

Hari Armada RI tahun ini tidak hanya istimewa dan bersejarah, namun juga memiliki nilai strategis dengan resminya perpindahan Mako Koarmada 1 beserta satuan jajaran. Hal ini merupakan bentuk kepekaan TNI Angkatan Laut terhadap dinamika lingkungan yang terus berubah dan berkembang.

Situasi dunia dan kawasan yang bergerak sangat dinamis mengharuskan TNI Angkatan Laut untuk terus membangun dan menata kekuatan, agar dapat merespon setiap ancaman terhadap kedaulatan negara dan keamanan laut nusantara secara cepat, tepat dan efektif. Hal ini selaras dengan Geografi Indonesia yang menuntun kehadiran kekuatan Armada RI di seluruh penjuru Nusantara, khususnya di daerah-daerah rawan dan corong-corong strategis.
Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih yang tidak tehingga, kepada para sesepuh yang telah meletakkan pondasi dan berjuang membangun kebesaran Armada Republik Indonesia, kepada para keluarga yang tetap setia mendampingi, mendukung, rela berkorban dan menjadi pemompa semangat para prajurit Cakrawati Samudera, dalam keadaan susah maupun senang, serta yang utama kepada seluruh prajurit GHORA WIRA MADYA JALA, KSATRIA PERKASA DI TENGAH SAMUDRA dimanapun saat ini berada. Kalian yang sedang mengarungi dan menjaga Selat Malaka, Laut Natuna Utara, Perairan Ambalat, Laut Arafuru, dan setiap sudut laut nusantara. 

Untuk itu sekali lagi saya mengucapkan terima kasih dan rasa bangga yang sedalam-dalamnya atas segala Dharma Bhakti yang telah diberikan kepada negara yang amat kita cintai ini. 

Pada pelaksanaan upacara HUT Armada RI kali ini juga dihadiri oleh para Asisten Danlantamal IX Ambon, Kasatker Lantamal IX, para prajurit dan para PNS Lantamal IX Ambon.(Jlou)

Sumber : Dispen Lantamal IX
Lebih baru Lebih lama