Bersama Polresta dan Polres Jajaran, Polres SBB Hadiri Zoom Meeting Kesiapan Pengamanan Tahun Baru 2023 Polda Maluku

Piru (31/12/2022), jalurseleberiti.com -

Dalam rangka rapat kesiapan pengamanan Tahun Baru 2023 Polres SBB bersama Polres dan Polresta lainnya di jajaran Polda Maluku mengikuti Zoom Meeting yang digelar Polda Maluku secara virtual, pada Jumat. (30/12/2022).

Kegiatan Zoom Meeting tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol.Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., didampingi Wakapolda Maluku, Brigjen Pol, Drs Jan de Fretes, M.M., dan Irwasda Maluku Kombes Pol Jannus P Siregar, S.I.K., M.H., serta para PJU Polda Maluku.

Kapolda Maluku, Irjen Pol. Drs Lotharia Latif dalam pengantarnya menyatakan, mengapresiasi kinerja para PJU , Kapolresta dan Kapolres serta personil sehingga situasi dan kondisi Kamtibmas di wilayah hukum Polda Maluku dan Polresta serta Polres jajaran aman dan kondusif.

Kapolda mengungkapkan gangguan Kamtibmas menurun, selain itu angka pelanggaran personel yang di PDTH juga menurun.
Menurutnya Program Percepatan (Quick Wins) hingga akhir Tahun 2022 Polda Maluku menduduki peringkat 9 dari 34 Polda di tanah air.

Latif juga menandaskan, penanganan konflik di wilayah hukum Polda Maluku dapat ditangani dengan baik, serta Program-program Kapolri dapat dilaksanakan sesuai target yang ditetapkan.

Acara upacara virtual tersebut kemudian dilanjutkan dengan penyampaian situasi Kamtibmas dan kejadian menonjol diwilayah hukum  masing-masing Polresta dan Polres jajaran Polda Maluku yakni, Polresta Ambon, Polres Maluku Tengah, Polres SBB, Polres SBT, Polres Buru, Polres Buru Selatan, Polres MBD, Polres Kepulauan Tanimbar, Polres Tual, Polres Maluku Tenggara dan Polres  Kepulauan Aru.

Selanjutnya upacara dilanjutkan dengan penyampaian saran dan masukan oleh PJU Polda Maluku  yakni Karo Logistik Polda Maluku, Karo OPS Polda Maluku dan Irwasda Maluku.

Karo Logistik Polda Maluku mengatakan, bagi Polresta dan Polres jajaran Polda Maluku yang telah menyerap anggaran, namun pekerjaannya belum terselesaikan agar dapat mengawal pekerjaan tersebut dan menyiapkan bukti-bukti serta laporan pertanggungjawaban.

Ia menandaskan, belanja barang yang sudah diserahkan oleh Karo Rena kepada masing-masing Satker/Satwil agar masing-masing Kasatker segera merencanakan kegiatan belanja barang guna menghindari keterlambatan pengunaan anggaran sesuai waktu yang ditetapkan.

Sementara Karo Ops Polda Maluku  menyatakan, bagi Polresta/Polres jajaran yang memiliki potensi kerawanan pada saat Perayaan Malam Tahun Baru, selain membuat rencana pengamanan akan tetapi juga disiapkan jalur kontijensi.

Ia menegaskan agar juga melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap personel yang telah disprintkan untuk melalukan pengamanan Malam Tahun Baru.

Irwasda Maluku,  Kombes Pol Jannus P Siregar, S.I.K., M.H., dalam penyampaiannya mengatakan, tahun ini merupakan puncak perayaan pergantian Tahun Baru dari 2022 ke Tahun 2023,  yang dapat berpotensi terjadi euforia berlebihan, yang mana tahun ini merupakan tahun peralihan dari masa pandemi covid 19, oleh sebab itu perlu diberdayakan fungsi intelijen dan Bhabinkamtibmas guna meminimalisir potensi gangguan keamanan.

Siregar menambahkan, perlu dilakukan pengawasan dan pengendalian personel yang melaksanakan kegiatan pengamanan Malam Tahun Baru. Selain itu juga  perketat pengawasan tahanan dengan melakukan pengecekan kondisi fisik ruang tahanan.

Siregar juga menyampaikan, ucapan terima kasih kepada para Kapolresta/Kapolres jajaran atas kinerjanya, sehingga Polda Maluku dalam Program Prioritas Kapolri melalui Posko Presisi Polda Maluku menduduki peringkat ke 9 dari 34 Polda. 
Di akhir penyampaiannya  Irwasda Polda Maluku ini mengatakan, Program Jumat Curhat agar para Kapolresta/Kapolres jajaran dapat melaksanakan dengan optimal guna menyerap keluhan dari masyarakat.

Kegiatan Upacara Zoom Meeting dihari itu ditutup dengan penekanan  terhadap tugas dan tanggung jawab yang dianggap urgent dari Kapolda dan Wakapolda Maluku.

Wakapolda Maluku, Brigjen Pol, Drs. Jan de Fretes, M.M., menegaskan, masing-masing Padal bertanggung jawab untuk melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap personel yang melaksanakan pengamanaan Malam Tahun Baru.

de Fretes menambahkan, beberapa waktu lalu rekan-rekan Densus 88 Anti Teror telah menangkap para terduga teroris, untuk itu ditekankan agar perketat penjagaan Mako guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Wakapolda mengharapkan, Kapolresta Ambon dan Kapolres Tual berkoordinasi dengan Pemda Kota Ambon dan Pemda Kota Tual untuk membatasi adanya penumpukan orang dan kendaraan di atas jembatan Merah Putih dan jembatan Watdek guna menghindari tindakan/kejadian yang tidak diinginkan.

Selain itu, orang nomor dua di Polda Maluku ini menegaskan, tata cara pelaporan bukan saja melalui Whatsapp namun juga dibuat dalam bentuk fisik.

Sementara Kapolda Maluku, Irjen Pol.Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., mengharapkan adanya evaluasi dan konsolidasi terhadap semua kekurangan dan keberhasilan di bidang pembinaan dan operasional di masing-masing satker.

Lotharia menegaskan harus  mempersiapkan pelaksanaan program kerja dan anggaran sesuai DIPA 2023., selain itu, konsisten dan kembangkan program presisi Kapolri dan program Kapolda Maluku Basudara Manise untuk melayani dan melindungi masyarakat, memelihara kamtibmas dan penegakan hukum. 

Kapolda juga meminta para personel di jajaran Polda Maluku untuk  mengantisipasi kegiatan Malam Tahun Baru, laksanakan kegiatan Ops Lilin dan laksanakan pengawasan dan pengendalian dengan baik, cegah dini dan tindak cepat setiap potensi kerusuhan dan bentrok antar masyarakat di lapangan serta  tingkatkan sinergitas dengan TNI dan Pemda serta instansi terkait.
 
Diakhir penyampaiannya Kapolda menegaskan Personel Polres dijajaran Polda Maluku untuk terus menjaga moril anggota dan cegah serta hindarkan dari pelanggaran kode etik, displin atau pidana.

Kegiatan Zoom Meeting diikuti oleh Kapolres SBB, AKBP Dennie Andreas Dharmawan, S.I.K., Wakapolres SBB, Kompol Helda Misse Siwabessy, S.H., M.H., Para Kabag, Kasat, Kasi, Perwira dan Kapolsek Jajaran.(Nicko Kastanja)
Lebih baru Lebih lama