Sejarah Kerajaan Inggris

Jakarta || jalurseleberiti.com ||

Kerajaan Inggris adalah kerajaan terbesar di dunia yang berjaya kejayaannya pada abad ke-20. Wilayah kekuasaan Kerajaan Inggris pun cukup luas yang meliputi : Inggris, Wales, Skotlandia sampai utara Irlandia.

Inggris Raya melakukan upaya tentatif pertama kali untuk mendirikan pemukiman di luar negeri pada abad ke-16. Ditandai dengan terjadinya ekspansi maritim karena didasari dengan persaingan melawan Prancis terutama di bidang perdagangan.

Ekspansi tersebut berlangsung hingga abad ke-17 dengan bukti ditandai dengan berdirinya sejumlah pemukiman di Amerika Utara dan India Barat. Kerajaan Inggris sendiri berdiri sekitar 925 M dan disahkan oleh gabungan suku yang ada.

Kerajaan Inggris terbentuk usai pananda tanganan Rakyat sekitar tahun 1706 lalu diratifikasi  dengan Undang Undang Persatuan pada 1707. Kerajaan Inggris termasuk Wales, dan Kerajaan Skotlandia bergabung menjadi satu kerajaan yang meliputi Britania Raya beserta pulau-pulau disekitarnya.

Pada tahun 1801, United Kingdom mulai terbentuk usai Britania Raya bergabung bersama Irlandia. Pada tahun 1922, Republik Irlandia melepaskan diri dan tersisa hanya bagian utaranya saja yang masih berada dikekuasaan Inggris Raya.

Sejarah Kerajaan Inggris tidak terlepas dari tokoh-tokoh pendirinya yang menjadi penguasa. Tercatat ada 7 kerajaan utama pada era Anglo-Saxon. Berdasarkan sejarah Raja pertama yang bertahta di Inggris berasal dari Raja Persia pada 774 M.
Keberlanjutan kekuasaan sampai terus berlanjut hingga Edward VII, yang memimpin dari tahun 1901 s.d. 1910.

Edward VII merupakan anak dari Victoria dan Pangeran Albert. Setelah kekuasaan Edward VII berakhir dilanjutkan dengan kekuasaan dari tahun 1910 s.d. 1936.

George V menggantikan nama keluarga menjadi Windsor. Lalu kekuasaan dilanjutkan oleh Edward VIII pada 1936, namun sebelum dinobatkan sebagai Raja, ia memilih mundur karena menikah dengan sosialita asal Amerika Serikat dan tidak berhak menjadi raja.

Gelar raja selanjutnya diturunkan keasikan George VI pada tahun 1936 s.d. 1952, kemudian diteruskan ke Ratu Elizabeth II, dari tahun 1952 sampai tahun 2022. KiMasa kepemimpinan Ratu Elizabeth II, selama 70 tahun. Ratu Elizabeth tercatat penguasa Kerajaan terlama selama adanya Kerajaan Inggris.(Red)

Sumber : YouTube Raja Dunia Story
Lebih baru Lebih lama