Martin Cooper Sosok Penemu Handphone

Jakarta (20/11/2022), jalurseleberiti.com

Penemu handphone pertama kali adalah Martin Cooper. Pria kelahiran Chicago tanggal 26 Desember 1928, Martin Cooper adalah pimpinan insinyur dari Motorola yang mengembangkan perangkat telpon genggam.

Telpon genggam pertama diciptakan untuk di mobil saja, dan menjadi pemikiran Mr. Martin bagaimana telpon ini menjadi alat fortable yang bisa dibawa kemana-mana. Pada tahun 1972, Martin Cooper menghabiskan waktu 90 hari untuk membuat foto type handphone pertama.

Pada tanggal 17 Oktober 1973, Martin Cooper mengajukan hak paten dengan nama radio telpon sistem. Pada saat pertama kali ditemukan telpon genggam hanya mempunyai fungsi dasar yaitu panggilan dan suara.

Waktu itu belum ada SMS, internet apalagi WhatsApp seperti saat ini. Meskipun digelari Bapak Seluler dengan rendah hati Martin Cooper mengatakan, ""lmeskipun aku bagian dari penemuan tersebut, tapi karya tersebut hasil kerja tim dan ratusan literatur orang-orang yang menciptakan visi tentang bagaimana seluler hari ini yang tentu belum sempurna, kami masih terus bekerja dan berusaha untuk membuatnya lebih baik".

Sampai dengan saat ini perkembangan teknologi di bidang telekomunikasi terus berkembang pesat. Handphone saat ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap manusia di seluruh dunia.(Red)

Sumber : YouTube Pusako Indonesia
Lebih baru Lebih lama