Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Batu Putu dan Alamatnya di Bandar Lampung

Jakarta || jalurseleberiti.com ||

Bandar Lampung juga memiliki wisata alam air terjun. Salah satu wisata alam tersebut ialah wisata Air Terjun Batu Putu. Air terjun ini berada di Desa Batu Putu, Kecamatan Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Letaknya tak terlalu jauh dari pusat kota Teluk Betung, kurang lebih hanya memakan waktu 15 menit perjalanan saja, dan kurang lebih 45 menit dari Kota Bandar Lampung.

Air Terjun Batu Putu ini sangat cantik dengan udara sejuk serta panorama pegunungan yang tampak alami. Rentetan pepohonan besar nan rimbun menutupi perbukitan hijau di belakangnya mampu membuat siapa pun yang melihatnya terkesima. Suasananya pun menentramkan, hanya sunyi jauh dari hiruk pikuk perkotaan, meskipun letaknya cukup dekat dengan pusat kota. Daya tarik utamanya tentu air terjunnya yang masih alami dan tidak banyak dijamah manusia, artikel kali ini dilansir dari andalastourism.com, inilah daya tarik Air Terjun Batu Putu dan Alamatnya di Bandar Lampung :

1. Trekking yang Menantang

Perlu untuk Anda ketahui, tracking untuk menuju ke tempat wisata Air terjun ini cukup menantang dan itu menjadi daya tarik dari tempat wisata tersebut. Sekalipun air Terjun Batu Putu terletak di area tengah kota, tapi bukan berarti akses jalan untuk Anda menuju ke tempat tersebut akan mudah dan mulus.

Nantinya Anda perlu melewati jalanan yang kecil dan merupakan jalan setapak. Beberapa bagian sudah terpasang namun beberapa lagi masih belum. Tentunya ketika Anda berjalan menuruni anak-anak tangga di tengah-tengah pohon yang rindang adalah sesuatu yang cukup menantang dan merupakan pengalaman yang seru.

Anda perlu untuk berhati-hati ketika menuruni jalanan yang ada di tempat tersebut. Jangan sampai nantinya Anda terpeleset atau salah injak. Selain itu perlu untuk diketahui sebagian tangga di tempat ini tidak ada tempat atau berpegangan sedangkan sebagian lain terhalang oleh adanya pepohonan.

Jalur tempat ini cukup terjal dan juga curam. Selain itu di sebelah kanan dan kiri dari jalur Anda akan menemukan adanya jurang yang juga cukup dalam. Sekalipun begitu nantinya Anda bisa merasakan udara yang sejuk dan masih alami. Hal itu wajar saja, karena wilayah air terjun tepat berada di area hutan lindung yang ditumbuhi oleh rimbun pepohonan hijau

2. Panorama Alam yang Memukau

Keindahan alam atau panorama alam yang ditawarkan oleh Air Terjun Batu Putu ini memang begitu memukau dan mampu membuat siapapun jadi takjub. Aliran air yang sangat deras mengalir dari atas ke bawah. Air pegunungan tersebut terasa sangat dingin dan membuat tubuh Anda seketika segar.

Deburan suara air terjun yang terdengar begitu lantang akan seketika menutupi suara di sini area perkotaan. Keindahan alam yang ada di tempat ini benar-benar bisa Anda rasakan dan menyatu di dalam diri. Ketinggian dari air terjun tersebut mencapai kurang lebih 10 meter.

Lokasinya yang berada di area tengah Kota Bandar Lampung membuat air terjun tersebut cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Karena itu, ketika Anda tengah berada di kota Bandar Lampung, maka jangan lupa menyempatkan diri berkunjung ke air terjun ini.

3. Spot Foto

Daya tarik berikutnya yang bisa Anda temukan ketika berkunjung ke air terjun yaitu spot foto yang menarik. Spot foto terbaik yang dapat digunakan yaitu air terjun sebagai latar.

Para wisatawan tentu tidak akan melewatkan momen tersebut saat mereka telah berada di tempat ini. Pemandangan alamnya yang begitu memukau akan membuat hasil jepretan Anda juga begitu menarik dan layak untuk dipamerkan.

4. Area Camping

Yang berikutnya yaitu di tempat ini pun Anda juga bisa menemukan adanya area camping. Dengan tersedianya tempat perkemahan tersebut tentu Anda bersama dengan keluarga ataupun sahabat bisa berkemah di tempat ini. Bahkan tidak jarang acara sekolah ataupun komunitas mengadakan kegiatan berkemah di area tersebut.

5. Mitos

Terdapat mitos yang berkembang mengenai Air Terjun Batu Putu tersebut. Katanya dengan adanya mitos ini pun juga menjadi daya tarik lain dari tempat wisata ini. Dikatakan bahwasannya siapa saja yang melakukan hal-hal tidak baik di sekitar area wisata, maka mereka akan langsung memperoleh ganjarannya.

Terlepas dari apakah hal tersebut memang benar atau tidak, maka dengan melakukan hal yang tidak baik secara tak langsung Anda pun juga telah mengotori dan merusak alam. Jadi sebaiknya ketika berada di sana Anda menikmati keindahan alam tanpa harus berbuat hal-hal aneh.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Lokasi dari Air Terjun Batu Putu yaitu berada di sebuah area perbukitan. Tepatnya berada di Desa Batu, Kota Bandar Lampung, Lampung. Untuk bisa mencapai tempat tersebut memang dirasa cukup mudah karena memang lokasinya berada dekat dengan area pusat kota.

Jika disini Anda berangkat dari Bandar Lampung, maka hanya akan membutuhkan sekitar 20 menit saja. Anda perlu melalui jalan P Emir M Noer kemudian melanjutkan ke jalan Raden Imba Kusuma.

Setelah itu, nantinya Anda akan melihat adanya sebuah papan petunjuk dengan tulisan Air Terjun Batu Putu, Anda perlu mengikuti petunjuk yang ada di pinggir jalan tersebut. Kemudian Anda menemukan adanya sebuah gapura dekat Pondok Pesantren Madarijul’ulum.

Anda tinggal memasuki gapura tersebut lalu tinggal mengikuti jalan saja. Dari arah gapura setidaknya 10 meter masuk tempat tiket Anda tinggal melanjutkan dan akan menemukan area parkir kendaraan.(Red)
Lebih baru Lebih lama