Asal Mula Reog Ponorogo

Jakarta || jalurseleberiti.com ||

Reog yang merupakan tarian tradisional Indonesia berasal dari Kota Ponorogo di Jawa Timur. Makanya tarian tradisional ini dikenal dengan sebutan Reog Ponorogo.

Reog Ponorogo merupakan kesenian yang bertujuan untuk hiburan, namun mengandung unsur mistis. 

Penari utama dalam pertunjukan Reog Ponorogo adalah orang dengan kepala singa dengan hiasan burung merak yang disebut singa barong. Penari utama menari dengan diiringi penari bertopeng dan kuda lumping.

Ada beberapa versi yang menceritakan tentang asal usul Reog Ponorogo, namun cerita yang paling melegenda adalah cerita tentang pemberontakan Ki Ageng Kutu. Pada saat itu Ki Ageng Kutu melihat kekuasaan Kerajaan Majapahit yang tidak baik.

Pemerintahan yang cenderung korupsi dan mungkin akan segera jatuh, akhirnya Ki Ageng Kutu pergi meninggalkan sang raja. Ki Ageng Kutu pun mendirikan sebuah perguruan seni bela diri untuk anak-anak muda.

Perguruan seni bela diri ini bertujuan agar pemuda-pemuda pada masa itu mempunyai ketahanan yang kuat, sehingga bisa membuat Majapahit bangkit. Dengan jumlah pasukan yang minim dengan permasalahan yang ada.

Ki Ageng Kutu menyampaikan pesan itu melalui pertunjukan Reog. Pada awalnya Reog dibuat untuk menyampaikan sindiran kepada Raja Kertobumi.

Saat ini Reog Ponorogo biasa tampil di acara pernikahan, khitanan atau perayaan hari-hari besar. Artikel ini dilansir dari YouTube Asal Usul.(Red)
Lebih baru Lebih lama