Taman Nasional Gunung Ciremai Dengan Daya Tariknya

Jakarta, jalurseleberiti.com ||

Tentu ada banyak daya tarik yang disuguhkan oleh taman nasional ini, seperti dilansir dari salsawisata.com. Beberapa diantaranya adalah sunrise di puncak, telaga, air terjun, dan beberapa spot wisata sejarah.

Adapula aktivitas luar ruangan yang dapat Anda coba di sini seperti pendakian atau hiking, trekking, camping, dan outbound. Untuk informasi detailnya, simak ulasannya berikut ini:

Habitat Edelweis

Gunung tertinggi se-Jawa Barat ini merupakan salah satu habitat asli bunga abadi, Bunga Edelweis.

Bunga ini dapat dijumpai di beberapa lokasi di sepanjang jalur pendakian. Di jalur summit, misalnya. Ada juga taman Bunga Edelweis di puncak gunung ini.

Bunga ini masuk dalam daftar flora yang dilindungi ya. Jadi sebaiknya Anda tak perlu memetiknya jika melihat bunga cantik ini. Cukup memandangnya saja atau berfoto saja.

Sunrise di Puncak

Tak bisa dipungkiri bahwa puncak adalah spot terbaik untuk menikmati sunrise. Ingat sunrise di puncak Kawah Ijen? Tepat sekali! sunrise di sana memang menjadi salah satu yang terbaik.

Demikian juga dengan sunrise di puncak gunung ini. Benar-benar memukau. Tepat di atas titik tertinggi ini, Anda dapat menikmati detik demi detik sang fajar yang tengah menyisingsing. Indah sekali.

Panorama Pesona Alam

Di lereng gunung terdapat beberapa air terjun alami yang masih sangat asri. Salah satunya adalah Jurug Putri yang ada di Daerah Kuningan. Air terjun yang satu ini memiliki julukan populer, yaitu Cigugur.

Ada juga Curug Sawer dan Curug Sabuk yang lokasinya masih di wilayah Kuningan.

Anda juga akan disuguhkan dua jurug lainnya, yaitu Curug Tonjong dan Curug Sawer. Akan tetapi kedua curug ini terletak di Kabupaten Majalengka.

Wisata Budaya dan Sejarah
Wisatawan di sini juga dapat mengunjungi beberapa situs wisata sejarah dan budaya. Situs-situs ini memang terkenal dengan nilai sejarah dan budaya yang tinggi.

Aktivitas Alam yang Menantang

Anda juga bisa menantang diri Anda dengan aktivitas-aktivitas seru ini: hiking, trekking, camping, dan outbound.

Anda yang suka sekali dengan hiking, jalur-jalur pendakian di gunung bisa menjadi jalur pendakian baru bagi Anda.

Meski memang tak sesulit track pendakian Gunung Raung, setidaknya track di gunung ini juga cukup menantang. Ada beberapa titik yang jalurnya terjal dan berupa tanjakan ekstrem.

Nah, trekking bisa menjadi alternatif terbaik bagi Anda yang ingin berpetualang  namun di jalur yang sudah tersedia. Biasanya jalur trekking memiliki kondisi track yang bagus dan cenderung mudah untuk dilewati.

Camping dan outbound menjadi aktivitas menarik lainnya yang sebaiknya Anda coba. Pastinya aktivitas ini akan menambah pengalaman liburan Anda.

Fasilitas di Sekitar Taman Nasional Gunung Ciremai
Setiap tempat wisata, termasuk tempat-tempat wisata di gunung pasti dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum seperti toilet, area parkir, warung, dan mushola.

Di tempat tertentu seperti bumi perkemahan, pusat trekking, dan outbound, fasilitas yang disediakan lebih lengkap. Pusat persewaan perlengkapan camping dan outbound juga bisa dijumpai di sini.

Kemudian di situs-situs keramat atau tempat ziarah, pengunjung dapat membeli perlengkapan untuk berziarah di sekitar lokasi ziarah. Ada beberapa di antaranya juga menjual souvenir yang bisa Anda jadikan oleh-oleh khas Cirebon.

Lokasi dan Rute Menuju Taman Nasional Gunung Ciremai
Letak gunung berapi yang masih aktif ini berada di kawasan perbatasan 3 kabupaten di Jawa Barat. Ketiga wilayah kabupaten tersebut adalah Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan.

Nah, untuk sampai di lokasi ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi (mobil atau motor). Lokasi ini juga bisa diakses dengan menggunakan moda transportasi umum. Hanya saja akan lebih rumit.

Dengan menggunakan bus, sesampainya di Terminal Cilimus, silahkan Anda gunakan jasa angkot atau ojek hingga sampai di lokasi tujuan.

Jika Anda berangkat dari Cirebon menggunakan kereta, silahkan turun di Stasiun Prujakan, lalu lanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau angkot.

Selain akan rumit dan tidak praktis, Anda juga akan boros dalam hal biaya.

Akan berbeda kondisinya jika Anda menyewa mobil di Salsa Wisata. Selain akan merasakan kendaraan yang super-nyaman, Anda juga bisa berkesempatan mendapatkan keuntungan lainnya.

Mendapat mobil sewaan yang pas sesuai dengan kapasitas adalah salah satu keuntungannya.

Misal, Anda akan pergi mendaki berdua saja dengan sahabat Anda, sejumlah kendaraan berkapasitas 2 sampai 4 orang jadi kendaraan yang tepat untuk Anda..

Rental Innova Cirebon adalah salah satu pilihan terbaiknya. Jenis mobil ini tersedia juga untuk Anda yang ingin sewa mobil lepas kunci sehingga dapat berkendara full private.

Jam Operasional Taman Nasional Gunung Ciremai
Gunung sekaligus taman nasional ini buka setiap hari (Senin-Minggu). Jam operasionalnya mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB.

Namun khusus untuk basecamp pendakian dan camping, petugas siap melayani pengunjung selama 24 jam.

Secara keseluruhan, gunung berapi ini menawarkan banyak sekali tempat dan aktivitas seru.

Tak hanya ragam wisata alam saja; pengunjung juga dapat mencicipi makanan khas Cirebon seperti Sego Jamblang atau Empal Gentong yang dijual di warung-warung kaki lima di sekitar taman nasional.

Jadikan pengalaman liburan Anda semakin tak terlupakan bersama Salsa Wisata. Berbagai tempat menarik bisa Anda kunjungi dengan biaya murah dan pelayanan terbaik.

Tidak perlu lagi pusing mengurus hal-hal tidak penting yang dapat mengganggu liburan Anda. Semua telah kami sediakan untuk Anda nikmati selama perjalanan.

Mulai dari aktivitas menarik, pilihan destinasi, hingga akomodasi hotel dapat langsung Anda gunakan tanpa basa-basi. Dengan begitu liburan Anda akan semakin mudah dan sempurna.(Red)
Lebih baru Lebih lama