Sejarah Sultan Iskandar Muda (Pahlawan Nasional Dari Aceh)

Jakarta || jalurseleberiti.com ||

Sultan Iskandar Muda adalah pemimpin Kesultanan Aceh Darussalam, yang berkuasa antara tahun 1607-1636. Pada masa kekuasaan Sultan Iskandar Muda dikenal sebagai masa paling gemilang dalam sejarah Kerajaan Aceh.

Dibawah kepemimpinan Sultan Iskandar Muda, wilayah kekuasaan Kesultanan Aceh yang meliputi Semenanjung Malaya dan memiliki perekonomian yang maju dengan perdagangan. Selain itu dalam upaya melawan Portugis di Malaka, Sultan Iskandar Muda tidak hanya melakukan serangan fisik namun melakukan blokade perdagangan dengan tujuan agar kekuatan Portugis di Malaka goyah.

Sultan Iskandar Muda juga melarang daerah-daerah yang dikuasai Aceh menjual lada dan timah kepada Portugis. Saat itu Sultan Iskandar Muda, berusia masih muda untuk menduduki tahta kerajaan, yaitu pada usia kurang lebih 18 tahun.

Kesuksesan Sultan Iskandar Muda sebagai penguasa Kerajaan Aceh Darussalam, telah mendapatkan pengakuan bukan hanya dari rakyatnya tetapi dari musuh-musuhnya dari bangsa asing di seluruh dunia. Selain itu berkat, Sultan Iskandar Muda Kesultanan Aceh menjadi salah satu pusat pendidikan.

Sultan Iskandar Muda juga dikenal sebagai Sultan yang paling bijaksana, diantaranya kebijakan-kebijakan politik yang dilakukan Sultan Iskandar Muda saat menjadi penguasa Aceh Darussalam, adalah perluasan wilayah dibawah kekuasaannya. Luas wilayah Kesultanan Aceh dimulai dari Minangkabau hingga Semenanjung Malaya yang saat ini menjadi Negara Malaysia.

Sultan Iskandar Muda juga berhasil mengontrol perdagangan Pesisir Selat Malaka yang terdapat beberapa pelabuhan strategis. Ia juga membuat aturan untuk menetapkan pajak bagi setiap kapal dagang dari berbagai wilayah di dunia. Hal itu dilakukan untuk menarik pendapatan dan mengembangkan perdagangan untuk kesultanan. Penerapan pajak ini berdampak pada kemajuan di bidang ekonomi karena besarnya pendapatan Kesultanan Aceh. Dari pendapatan tersebut, Kesultanan Aceh dapat mengembangkan perekonomiannya dan memajukan sektor pendidikan di kesultanan Aceh.

Sultan Iskandar Muda lahir pada tahun 1593 dan wafat pada tanggal 27 September 1636. Sultan Iskandar Muda meninggal dunia diusia 43 tahun dan dimakamkan di komplek pemakaman Sultan Aceh Kandang 12 di Banda Aceh.

Atas jasanya kepada negara, Sultan Iskandar Muda dianugerahi gelar Pahlawan Nasional berdasarkan Keppres No. 077 tahun 1993. Dan untuk mengenang jasanya, namanya juga diabadikan menjadi nama jalan di beberapa daerah di Indonesia, itulah sejarah singkat Sultan Iskandar Muda, dikutip dari berbagai sumber.(Red)
Lebih baru Lebih lama