Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Penjabat Bupati SBB Harap Umat Islam Dapat Teladani Perilaku & Ahlak Mulia Rasulullah

Piru || jalurseleberiti.com ||

Tim Penggerak PKK SBB menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Gedung Hatutelu, Jalan Trans Seram, Dusun Waimeteng Pante, Kota Piru, Kamis (14/10/2022).

Hadir dalam acara tersebut, Penjabat Bupati SBB, Brigjen Andi Chandra As'Aduddin, S.E., M.H., Ketua DPRD SBB, Abdul Rasyid Lisaholith, S.Pi., Ketua TP PKK SBB, Ny Norma Riana, serta Pengurus TP PKK Kabupaten SBB, Sekretaris Daerah SBB, Alvin Tuasuun, S.P., M.Si., Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten SBB, Asisten dan Staf ahli Pemkab SBB, serta pimpinan OPD di Lingkup Pemda SBB dan Kaum Ibu dari Majelis Ta'lim Kabupaten SBB.
Dalam sambutannya Penjabat Bupati SBB. Brigjen Andi Chandra As'Aduddin, S.E., M.H., menyatakan, Peringatan Maulud Nabi yang biasa diselenggarakan secara luas di seluruh tanah air, hendaklah tidak sekedar upacara kegiatan yang bersifat lahiriah, tetapi diharapkan  benar-benar merupakan kesempatan yang baik, untuk merenungkan kembali dan meresapi secara mendalam arti dan makna lahirnya seorang nabi dan rasul terakhir yang membawa petunjuk dari Allah SWT yang Maha Agung.

Menurut Andi Chandra, suri teladan yang ditunjukkan oleh Rasulullah patut diteladani, bahkan buah-buah pikiran yang cerdas dan jernih, ucapan yang santun dan lembut serta tindakan yang arif serta bijaksana, itulah perilaku yang diwarnai oleh ahlak mulia serta Akhlaqul Karimah, ahlak mulia yang mampu menebarkan  Rahmatan Lil' Alamin, rahmat bagi semesta alam.

Penjabat Bupati SBB juga menambahkan, Peringatan Maulid harus diartikulasikan sebagai salah satu upaya transformasi diri atas kesalehan umat, yakni sebagai semangat baru untuk membangun nilai-nilai profetik agar tercipta masyarakat madani.

Menurutnya, dalam berbagai bidang kehidupan teladan Rasulullah masih relevan untuk diterapkan, sebagai ilustrasi, Rasulullah mengajarkan untuk selalu bersikap adil, dimana keadilan ini patut kita wujudkan dalam menjalankan kehidupan dengan menerapkan nilai-nilai keadilan.

Selain itu Penjabat Bupati SBB ini juga mengungkapkan, mengamalkan nilai-nilai keadilan dapat juga dilakukan lewat berbagai cara yakni, belajar untuk hidup toleran dengan sesama, ikhlas meringankan beban sesama, dan berjuang untuk mendapatkan hak perlakuan yang adil bagi sesama.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, juga dapat menunjukkan rasa cinta, pengagungan dan pemuliaan terhadap Rasulullah SAW, serta ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat dan anugerahnya yang besar, atas dikirimnya utusan pembawa hidayah, kebenaran serta kasih sayang untuk seluruh alam.

Di akhir sambutannya, Penjabat Bupati SBB ini mengajak semua masyarakat di Kabupaten SBB, untuk bersama-sama tingkatkan persaudaraan sebagai sebuah bangsa (Ukhuwah Wathaniyah), meningkatkan persaudaraan sesama umat manusia (Ukhuwah Basyariyah) dan meningkatkan persaudaraan diantara sesama Umat Islam (Ukhuwah Islamiyah).(Nicko Kastanja)
Lebih baru Lebih lama