Orang Minang Penyebar Islam di Kerajaan Kutai

Jakarta || jalurseleberiti.com ||

Datuk Tunggang Parangan atau Habib Hasim bin Musaiyah bin Abdullah bin Yahya adalah seorang ulama Minangkabau yang menyebarkan Agama Islam di Kerajaan Kutai, di Kalimantan. Dalam menyebarkan Agama Islam di Kerajaan Kutai, Datuk Tunggang Parangan bersama temannya Datuk ri Bandang pada masa pemerintahan Raja Haji Mahkota.

Raja Haji Mahkota memerintah di Kerajaan Kutai dari tahun 1525 hingga tahun 1589. Tuan Tunggang Parangan berperan besar dalam menyebarkan Agama Islam bersama Sultan Aji Dilanggar atau Aji Gendung gelar Marhum Haji Manda Raya, yang memerintah setelah menggantikan ayahnya Haji Mahkota, sejak tahun 1589 hingga 1605.
Rakyat Kutai akhirnya memeluk Agama Islam, sebelum kedatangan Habib Hasim di Kutai pada abad ke-16, Islam pernah masuk ke pedalaman Kutai yang dibawa saudagar-saudagar Arab, diantaranya Said Muhammad bin Abdullah bin Abu Bakar, ulama dari Minangkabau terjadi pada pemerintahan Si Janggut Kawat, namun ulama-ulama tersebut belum berhasil membujuk untuk memeluk Agama Islam.

Datuk ri Bandang sebagai penyebar Agama Islam di Kerajaan Luwuk, Goa, Talo di Sulawesi yang juga berdarah Minang. Selengkapnya dapat disaksikan di Kanal Youtube Mulifa Chanel, klik disini ➡️ INILAH !! ORANG MINANG PENYEBAR ISLAM KE KERAJAAN KUTAI.(Dafan Mulifa)
Lebih baru Lebih lama