Mengenang 7 Pahlawan Revolusi Korban Kekejaman G-30S-PKI

Jakarta || jalurseleberiti.com ||

Peristiwa G30S-PKI menewaskan 10 orang, diantaranya 6 perwira tinggi dan 1 perwira pertama yang akhirnya ditetapkan menjadi Pahlawan Revolusi.

G-30S-PKI atau Gerakan tanggal 30 September PKI adalah peristiwa kudeta yang berakhir tragis pada tanggal 30 September malam hingga tanggal 1 Oktober 1965.

7 Pahlawan Revolusi korban G-30S-PKI dibunuh dan dibuang kedalam Lubang Buaya. Berikut 7 Pahlawan Revolusi beserta biodatanya, yang dilansir dari YouTube Liputan Kepri,  yaitu :

1. Jendral TNI Ahmad Yani

Cerita Pahlawan Revolusi dari Jendral TNI Ahmad Yani, ia merupakan Panglima Angkatan Darat di era Presiden Soekarno.

Ahmad Yani lahir pada tanggal 19 Juni 1922, Jendral Ahmad Yani dibunuh di rumahnya Jl. Latuharhary No. 6, Menteng, Jakarta Pusat, pada tanggal 1 Oktober 1965.

2. Letnan Jendral (Anumerta) Soeprapto

Letnan Jenderal (Anumerta) Soeprapto juga menjadi 1 dari 7 Pahlawan Revolusi karena menjadi korban G-30S-PKI, ia lahir pada tanggal 30 Juni 1920, sempat berhasil meredam pemberontakan PKI di berbagai wilayah.

3. Letnan Jenderal M.T. Haryono

Letnan Jenderal M.T. Haryono, sebelum tewas ditangan PKI, ia sempat berusaha kabur, tetapi tubuhnya dihujani tembakan.

4. Letnan Jenderal S. Parman

Letnan Jenderal S. Parman, dijemput di rumahnya, oleh Pasukan berseragam Tjakrawibawa Istana Garda pada pukul 04.30 WIB, ia dimasukkan ke dalam truk kemudian ditembak mati sebelum dibuang ke Lubang Buaya.

5. Mayor Jendral D.I. Panjaitan

Korban dari peristiwa G-30S-PKI lainnya, yang menjadi 7 Pahlawan Revolusi adalah Mayor Jendral D.I. Panjaitan, ia dijemput dan menyerahkan diri oleh gerombolan G-30S-PKI, lalu ditembak mati untuk dibuang bersama korban yang lain.

6. Mayor Jenderal Sutoyo Siswomihardjo

Penangkapan Mayor Jenderal Sutoyo Siswomihardjo oleh gerombolan PKI dilakukan dengan alasan mendapat panggilan dari Presiden Soekarno, namun ia malah dibawa ke markas PKI dan ditembak mati.

7. Kapten Piere Tendean

Terakhir 7 Pahlawan Revolusi adalah Kapten Piere Tendean, ia menjadi korban yang salah sasaran oleh PKI karena sasaran utama adalah Jendral Besar TNI A.H. Nasution.

Itulah 7 Pahlawan Revolusi berserta biodatanya.(Red)
Lebih baru Lebih lama