Kunjungan Ke Elpaputih, Penjabat Bupati SBB Sambangi Kantor Camat Dan Kali Waimala

Elpaputih || jalurseleberiti.com ||

Penjabat Bupati SBB, Brigjen Andi Chandra As' Aduddin, S.E., M.H.,   bersama rombongan yang terdiri dari Petinggi di Pemkab SBB melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Elpaputih, yakni ke Kantor Camat Elpaputih dan Kali Waimala yang merupakan tapal batas antara kabupaten SBB dan Malteng, pada Sabtu (22/10/2022).
Dalam kunjungan tersebut, turut hadir Asisten II Bidang Perekonomian, Setda SBB Abdulah Fakaubun, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Johan Tahiya, S.Pd., M.Eng., Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Mochtovino Tuasuun, Kadis Kesehatan, dr. Anies Tappang, Kadis Kominfo, Jusuf Hatala, Kadis Pemuda dan Olahraga , Abraham Tuhenay, S.Pd., Kadis Perumahan, Mansur Tutupoho, Camat Elpaputih, Eugene Corputty, Kapolsek Elpaputih, serta para Kepala Desa di Kawasan Kecamatan Elpaputih, yakni Wasia, Sanahu, Watui, Abio Ahiolo, Huku Kecil dan Tokoh Masyarakat Elpaputih.
Dalam pertemuan bersama Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat Elpaputih yang berlangsung di Kantor Camat tersebut, Pemda SBB menyerahkan bantuan secara simbolis berupa seragam sekolah untuk jenjang SD dan SMP dan peralatan sekolah lainnya seperti sepatu, buku serta alat tulis.

Dalam dialog dengan masyarakat, mereka juga mempertanyakan status mereka di daerah tapal batas Kabupaten SBB dan Maluku Tengah tersebut, menanggapi hal tersebut Penjabat Bupati SBB menyatakan terkait status wilayah harus merujuk kepada Keputusan Menteri Dalam Negeri No 29 Tahun 2010  yang menyatakan wilayah tersebut masuk dalam wilayah Kabupaten SBB, penyampaian itu kemudian ditanggap oleh masyarakat yang menyatakan sudah memahami terkait keputusan Mendagri tersebut, bahkan mereka menyetujui dan antusias terhadap keputusan  yang menyatakan bahwa wilayah mereka masuk dalam wilayah Kabupaten SBB.
Sementara terkait pelayanan kesehatan, masyarakat meminta supaya Pemda SBB melakukan peningkatan layanan terhadap masyarakat di daerah tersebut terutama di wilayah pengunungan Elapaputih, selain itu mereka juga meminta Pemda SBB memperhatikan kesejahteraan Para Pegawai Honorer yang telah mengabdi di Kecamatan Elpaputih.
Saat melakukan tinjauan ke Kali Waimala, Penjabat Bupati SBB tersebut melakukan komunikasi bersama tokoh masyarakat di lokasi tapal batas tersebut.

Saat melakukan komunikasi itu, Penjabat Bupati mendapati informasi bahwa adanya Titik Pal/Batas  yang lokasinya agak ke barat tetapi pada titik koordinat malah kearah timur.
Menanggapi persoalan itu Penjabat Bupati SBB menyatakan bahwa, persoalan Titik Pal Batas dan Titik Koordinat tersebut nantinya akan diselesaikan, tetapi untuk saat ini masyarakat harus tetap berpatokan pada Permendagri No. 29 Tahun 2010 tentang tapal batas SBB dan Malteng , dimana Batas Wilayah SBB dan Malteng adalah di Kali Waimala tersebut.(Nicko Kastanja)
Lebih baru Lebih lama