Sejarah Singkat Sunan Giri

Jakarta || jalurseleberiti.com ||

Sunan Giri atau Raden Ainul Yakin atau Raden Paku, merupakan putra dari seorang mubaligh Islam dari Asia Tengah, yang menikah dengan Dewi Sekardadu. Dewi Sekardadu adalah putri Prabu Menak Sembuyu, penguasa wilayah Blambangan.

Kelahiran Raden Paku dianggap membawa petaka, berupa wabah penyakit dari Blambangan Pasai. Sehingga Dewi Sekardadu dipaksa ayahnya Menak Sembuyu untuk membuang Raden Paku yang masih bayi, Dewi Sekardadu akhirnya membuang putranya ke Selat Bali.

Kemudian Raden Paku ditemukan oleh sekelompok awak kapal, yaitu Sabar dan Sobir. Bayi Raden Paku pun dibawa ke Gresik, saat tiba di Gresik, Raden Paku diangkat menjadi anak dari saudagar kapal.

Raden Paku pun dinamai Joko Samudra, dan diperintahkan oleh ibu angkatnya untuk berguru kepada Sunan Ampel. Sunan Ampel mengetahui siapa Joko Samudra sesungguhnya, dan ditempat inilah Joko Samudra mengetahui nama dia yang sebenarnya.

Kemudian ayah Raden Paku memerintahkan anaknya tersebut untuk membangun sebuah pesantren di Gresik. Dan Raden Paku diperintahkan oleh Sunan Ampel untuk kembali ke Gresik.

Tiba di Gresik Raden Paku mencari tanah untuk dibangun Pesantren. Akhirnya Raden Paku mendapatkan tanah untuk dibangun pesantren, dilokasi yang sejuk dan damai, disebuah desa yang bernama Desa Sidomukti.

Dan pesantren tersebut dinamakan Pesantren Giri, yang mempunyai arti dataran tinggi. Pesantren Giri, maju pesat dan banyak santri yang mendaftar, hingga memudahkan Sunan Giri untuk berdakwah.

Sunan Giri pun mendirikan kerajaan yang bernama Kerajaan Giri Kedaton, dan kerajaan Giri Kedaton bertahan selama 200 tahun. Setelah Sunan Giri wafat, beliau digantikan oleh Sunan Dalam, Sunan Sidomarji, dan seterusnya. Yang terakhir Pengeran Singosari, namun setelah Pangeran Singosari wafat pada 1679, lenyaplah kekuasaan Giri Kedaton.

Meskipun Giri Kedaton sudah tidak berkuasa, namun Sunan Giri tetap dikenang sebagai wali songo sepanjang masa. Sunan Giri berdakwah melalui ceramah dimasyarakat dan di Pesantren Giri. Selain berceramah Sunan Giri juga menyampaikan ajaran-ajaran Agama Islam melalui permainan tradisional anak. Sunan Giri dimakamkan di desa Giri, Kebomas, Gresik.(Red)

Sumber : YouTube Colek Chanel
Lebih baru Lebih lama