Sejarah Singkat Konferensi Asia Afrika di Bandung Tahun 1955

Jakarta || jalurseleberiti.com ||

Konferensi Asia Afrika (KAA) adalah pertemuan antara negara-negara di Benua Asia dan Benua Afrika yang diselenggarakan di Bandung, pada tanggal 18-24 April 1955. Terselenggaranya KAA, karena setelah perang dunia kedua berakhir, muncul perang dingin antara Blok Barat dan Blok Timur.

Untuk memperkuat posisi masing-masing blok diiming-imingilah negara-negara yang baru merdeka untuk bergabung ke blok mereka masing-masing. Dari hal itu banyak negara yang menyadari betul akan dampak negatifnya.

Maka dibahaslah hal tersebut dari perwakilan 5 negara, yaitu : Indonesia, Srilangka, India, Pakistan dan Myanmar dalam Konferensi Colombo yang menjadi tonggak awal diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika. Konferensi Asia Afrika (KAA) diselenggarakan dengan tujuan utama, yaitu melawan segala bentuk kolonialisme dari negara-negara imperialis, terutama Blok Barat dan Blok Timur.

KAA mempunyai tujuan lain, yaitu : Mempererat solidaritas antar negara-negara Asia Afrika, Meninjau hubungan sosial, ekonomi dan kebudayaan negara-negara di Asia Afrika, serta memberi sumbangan untuk perdamaian dan kerjasama dunia. Dari Konferensi Asia Afrika maka dihasilkan, Dasa Sila Bandung. Itulah sejarah singkat tentang Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955 di Bandung.(Red)
Lebih baru Lebih lama