Buah-buahan Untuk Dikonsumsi Saat Anak Diare

Jakarta || jalurseleberiti.com ||

Secara umum, penyebab diare pada anak adalah karena infeksi virus atau bakteri, seperti rotavirus dan bakteri salmonella, dilansir dari laman dinkes.kalbarprov.go.id. Terkadang, diare pada anak bisa disebabkan oleh parasit, seperti giardia. Namun, kasus ini lebih jarang terjadi.

Kebersihan lingkungan dan sanitasi yang buruk dapat meningkatkan risiko anak terkena diare. Sebab, anak bisa saja mengonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi oleh mikroorganisme penyebab diare.

Penyebab lain diare pada anak adalah tidak dapat mencerna makanan tertentu (intoleransi makanan), alergi makanan tertentu, reaksi obat-obatan tertentu, penyakit saluran pencernaan, keracunan makanan, masalah di cara kerja saluran pencernaan, dan operasi perut.

Namun ada beberapa buah yang bisa dikonsumsi saat anak kena diare. Adapun buah-buahan yang bisa dikonsumsi saat anak diare seperti dilansir dari popmama.com, adalah sebagai berikut :

1. Pisang bisa meningkatkan kekerasan kotoran

Pisang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat diare karena adanya kandungan pektin yang bisa meningkatkan kekerasan kotoran.

Hal ini tentu akan membantu meringankan diare. Tak hanya itu, pisang juga salah satu jenis buah yang mudah dicerna serta dapat membantu mengganti elektrolit yang hilang ketika tubuh kehilangan cairan dan nutrisi akibat diare.

Oleh karena itu, pisang adalah salah satu makanan terbaik untuk menyembuhkan diare.

2. Wortel sumber energi saat diare

Anak perlu mengisi kembali energinya yang hilang saat ia lemas akibat diare. Wortel adalah sumber energi yang besar selama masa-masa seperti itu.

Jus wortel atau pure dapat disajikan beberapa kali di siang hari. Selain itu, Mama juga bisa mengolahnya menjadi sup hangat. Caranya sangat mudah!

Mama hanya perlu menyiapkan 3 buah wortel dan 8 gelas air. Cuci bersih wortel lalu iris kecil-kecil. Masak dengan air hingga wortel empuk atau sampai hancur menjadi sup wortel dan mendidih.

Jika ingin rasa sup wortel ini makin lezat, Mama bisa menambahkan sedikit garam di dalamnya. Makanlah sup wortel sebanyak 2 kali dalam sehari.

Selain bisa mengatasi masalah diare, sup wortel ini juga bisa membuat mata anak lebih sehat, kulit tubuh menjadi lebih halus dan lembut serta sistem pencernaan lebih sehat.

3. Apel mengandung pektin yang membantu masalah diare

Apel penuh dengan pektin yang membantu masalah diare pada anak. Cara mengonsumsi apel untuk mengatasi diare pada anak sangatlah mudah.

Mama hanya perlu mencuci apel, rebus dengan air, dan haluskan agar lembut dan mudah dicerna. Pure apel tidak hanya mencegah gerakan longgar pada perut, tetapi juga akan memberi anak energi yang sangat dibutuhkan. 

4. Lemon mengandung anti-inflamasi dan anti-bakteri

Buah lemon penuh dengan sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang membuatnya menjadi obat yang dapat diandalkan dan mudah tersedia.

Satu sendok air lemon setiap 4 hingga 5 kali sehari dapat menyembuhkan diare dan masalah terkait lambung lainnya. Perut anak yang sakit pun akan lega dan keseimbangan PH dalam tubuhnya juga akan pulih.

Tak hanya itu, air lemon juga dapat meredakan berbagai gangguan akibat pencernaan semisal mulas, kembung, dan kram perut. 

Itulah buah-buahan yang bisa dikonsumsi saat anak diare.(Red)
Lebih baru Lebih lama