4 Tempat Wisata di Brebes Yang Patut Dikunjungi

Jakarta || jalurseleberiti.com ||

Kabupaten Brebes dikenal dengan daerah penghsil bawang. Dengan alam yang indah, banyak tempat wisata di Brebes yang wajib dan perlu anda kunjungi.

Dibawah ini 4 tempat wisata yang patut anda kunjungi. Adapun keempat tempat wisata tersebut, seperti dilansir dari laman nativeindonesia.com, sebagai berikut :

1. Agrowisata Kaligua

Agrowisata Kaligua merupakan sebuah hamparan kebun teh yang berada di ketinggian sekitar 2.050 mdpl, lokasinya terletak di lereng Gunung Slamet sehingga membuat udaranya terasa sangat sejuk.

Agrowisata Kaligua dikelola oleh PTPN IX dengan luasnya yang mencapai 600 ha. Dimana hamparan kebun tehnya dapat kamu jelajahi dengan melakukan kegiatan Tea Walk, serta bermain flying fox, dan wahana wisata lainnya.

Kamu pun akan diajak untuk mempelajari cara budidaya teh Kaligua, pemandu akan mengajak kamu untuk melihat tahapan-tahapannya serta mengajarkanmu bagaimana cara memetik daun teh yang benar.

Selain itu, kamu juga dapat berkemah atau mendirikan tenda di sekitar perkebunan teh nya. Menikmati malam dengan hanya ditemani nyanyian alam.

Lokasi: Jl. Kaligua, Sawah, Ladang, Kretek, Kec. Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 20.000,- per orang sedangkan untuk camping membayar Rp. 25.000,- per orang.
Jam Buka: 10.00-15.00

2. Kalibaya Park

Kalibaya Park merupakan sebuah wisata bertema alam dimana kamu dapat melihat ponarama alam yang sangat menyejukkan.

Kalibaya Park berada di puncak Gunung Lio, yang merupakan salah satu gunung yang cukup terkenal di Jawa Tengah. Dan ketika berada disini dapat melakukan beberapa hal ragam wisata yang sangat seru.

Diantaranya yakni mencoba ayunan angkasa, menikmati pemandangan alam yang kece, camping atau berkemah, hunting beberapa spot foto keren yang ada di Kalibaya Park.

Ya Kalibaya Park memiliki beberapa spot foto yang sangat sayang untuk kamu lewatkan. Ketika berada disini pastikan baterai hp atau kamera kamu dalam keadaan full charge.

Lokasi:  Pasir Panjang, Salem, Area Hutan, Bandungsari, Banjarharjo, Brebes, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 08.00-17.00

3. Pabrik Gula Jatibarang

Pabrik Gula Jatibarang merupakan sebuah lokasi wisata yang menyimpan sejarah tersendiri, dibangun sekitar tahun 1842 oleh perusahaan swasta milik Belanda.

Mengolah tebu menjadi gula, namun pada tahun 2017 pabrik ini telah berhenti berproduksi. Dan sekarang kamu dapat mengunjunginya sebagai bagian dari wisata sejarah di Brebes.

Arsitektur yang ditampilkan Pabrik Gula Jatibarang sungguh sangat mengagumkan, meskipun sudah dibangun beberapa ratus tahun yang lalu namun masih tampak kokoh dan kuat meskipun sudah terlihat usang.

Pabruk Gula Jatibarang mulai dibuka menjadi kawasan wisata baru pada tahun 2019 lalu. Disini kamu dapat mencoba menaiki lokomotif pada zaman dulu (Spoer Tebu), namun karena sudah lama jadi hanya bisa berjalan sekitar 300 m saja.

Kamudian kamu dapat mengunjungi Locomotief Remise, yang merupakan garasi loko uap maupun loko diesel yang memiliki 9 pintu. Terlihat sangat megah sekali.

Didalamnya terdapat lokomotif-lokomotif yang sudah usang dan menjadi saksi sejarah pada masanya.

Lokasi: Jl. Raya Tim. No.1, Penumbukan, Jatibarang Kidul, Kec. Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 5.000,- per orang
Jam Buka: 24 Jam

4. Panenjoan Salem

Panenjoan Salem merupakan kawasan perbukitan lain yang ada di Brebes, Jawa Tengah. Ketika berada di kawasan ini kamu dapat menyaksikan panorama alam yang sangat indah.

Pemandangan alam yang tersaji berupa perbukitan yang masih hijau, hutan pinus yang menyejukkan serta pemandangan rumah-rumah penduduk.

Selain itu, di Panenjoan Salem telah tersedia beberapa spot foto yang akan membuat hasil jepretan kamu menjadi lebih berwarna.

Lokasi ini sering dijadikan spot untuk menyaksikan keindahan sunrise yang sangat mengagumkan. Menyaksikan pergantian hari dengan ditemani pemandangan alam yang sungguh luar biasa.

Lokasi: Dukuh Babakan, Desa Wanoja, Kec. Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 5.000,- per orang
Jam Buka: 24 Jam.

Itulah empat tempat wisata di Brebes yang patut dikunjungi.(Red)
Lebih baru Lebih lama