Radiohead Band Beraliran Rock Alternatif Dari Inggris

Jakarta || jalurseleberiti.com ||

Radiohead grup band rock asal Inggris yang dibentuk di Abingdon, Oxfordshire, Inggris, pada 1985. Radiohead lagu-lagunya sangat unik karena mereka bereksperimen untuk membuat jenis musik rock alternatif dengan menambah suara yang berbeda.

Para anggota Radiohead bertemu saat menghadiri Abingdon School, sebuah sekolah independen untuk anak laki-laki di Abingdon, Oxfordshire. Gitaris dan penyanyi Thom Yorke dan bassis Colin Greenwood berada di tahun yang sama, gitaris Ed O’Brien dan drummer Philip Selway tahun di atas, dan multi-instrumentalis Jonny Greenwood, saudara Colin, dua tahun di bawah. Pada tahun 1985, mereka membentuk On a Friday, nama yang mengacu pada hari latihan mereka yang biasa di ruang musik sekolah. Jonny adalah yang terakhir bergabung.

Pada akhir 1991 setelah pertemuan antara Colin dan EMI A&R Keith Wozencroft di Our Price, toko kaset tempat Colin bekerja. Membuat mereka kontrak rekaman album dengan EMI A&R, dan atas permintaan pihak EMI A&R, mereka merubah namanya menjadi Radiohead.

Radiohead merilis album perdananya Pablo Honey, pada Februari 1993. Album ini mencapai urutan 22 ditangga lagu Inggris. Radiohead merilis album kedua The Bends pada Maret 1995. Album ini didorong oleh riff padat dan atmosfer halus dari tiga gitaris, dengan penggunaan keyboard yang lebih banyak daripada album debut mereka.

Dan pada 1995, mulailah Radiohead dikenal diberbagai tempat, ditandai dengan terbentuknya kelompok-kelompok fans club Radiohead. Musik Radiohead mendominasi lagu dan media saat itu.
Pada 1997, Radiohead membuat album ketiga.

merilis The Bends pada Maret 1995. Album ini didorong oleh riff padat dan atmosfer halus dari tiga gitaris, dengan penggunaan keyboard yang lebih banyak daripada album debut mereka.

Dan pada 1995, mulailah Radiohead dikenal diberbagai tempat, ditandai dengan terbentuknya kelompok-kelompok fans club Radiohead. Musik Radiohead mendominasi lagu dan media saat itu.

Radiohead merilis album ketiga mereka, OK Computer, pada Mei 1997. Banyak yang beranggapan jika band ini bereksperimen dengan struktur lagu dan menggabungkan pengaruh ambient, avant-garde dan elektronik. Sejak dirilis, OK Computer sering diakui sebagai album terpenting dalam dekade 1990-an dan era dari Generasi X, dan salah satu album terbesar dalam sejarah musik.

Pada April 2016 Radiohead di akusisi oleh XL Recording. Pada November 2021 Radiohead merilis Kid A Mnesiae, sebuah edisi ulang tahun yang mengkompilasi beberapa lagu yang belum pernah dirilis sebelumnya.(Red)

Sumber : YouTube 1 ZonA

Baca juga : Profil dan Biodata Nabila Ishma, Kekasih Emmeril Kahn Mumtadz, Putra Sulung Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil

Baca juga : Tissa Biani Setelah Film KKN di Desa Penari Untuk Sementara Tolak Main Film Horor

Lebih baru Lebih lama