Erwin Agam Pencipta Lagu Viral Emas Hantaran Pernah Ngemis Ke Tri Suaka dan Zinidin Zidan

Padang || jalurseleberiti.com ||

Kasus video parodi Andhika Kangen Band yang dilakukan oleh musisi cover Tri Suaka dan Zinidin Zidan terus bergulir. Kecaman berbagai pihak kepada kedua musisi cover tak henti-hentinya, seorang komposer Erwin Agam bahkan sudah lama menegur kedua musisi cover ini perihal lagu karya Erwin Agam Emas Hantaran dibuat konten dan diupload ke platform sosial media YouTube tanpa meminta izin.

Berdasar bukti yang dimiliki Erwin Agam, pada (13/11/21) pernah berkirim pesan secara personal (DM) ke akun ig Zinidin Zidan.

“Assalamualaikum Zidan salam kenal dari saya Om Erwin Agam, pengarang lagu Luka Sekerat Rasa, ingin menawarkan kerjasama,” tulis (DM) Erwin Agam kepada Zinidin Zidan.

Namun menurut penjelasan Erwin Agam, DM tersebut diabaikan oleh Zinidin Zidan. Selanjutnya Erwin Agam menghubungi manajernya, pada (14/11/21), tetap untuk mengajak kerjasama dengan Zinidin Zidan, dan terhubung ke manajer Zidan, namun hal tersebut pun tak kesampaian.

Bahkan dengan Tri Suaka pun Erwin Agam, pernah mengajak untuk bersilaturahmi karena berdasarkan pembicaraan melalui video call antara Manajer Erwin Agam dengan Manajer Tri Suaka.

Kata manajer Tri Suaka silaturahmi bisa asal dengan biaya akomodasi, tiket pesawat PP, sama penginapan, itu semua biaya dengan tim. Erwin Agam mengkalkulasikan kurang lebih 20 juta rupiah lebih, padahal Tri Suaka dan tim akan ke Padang untuk pre wedding, namun kenapa minta anggaran lagi?.

“Tri Suaka akan silaturahmi dengan orang yang karyanya dia pakai, saat itu amarah saya sudah memuncak, ya sudah ga usah dihubungi lagi, terserah mau dia (Tri Suaka) ke Padang, terserah dia, dan tidak usah dihubungi lagi,” beber Erwin Agam.

Dengan dua kejadian tersebut seperti diatas dimana DM Erwin Agam ke Zinidin Zidan diabaikan dan tawaran Manajer Erwin Agam ke Manajer Tri Suaka untuk bersilaturahmi menemukan jalan buntu, pada (12/11/21) pihak Erwin Agam melaporkan ke publisher dan pihak publisher mengatakan cover lagu Emas Hantaran ciptaan Erwin Agam yang dibawakan oleh Tri Suaka dan Zinidin Zidan tanpa izin, dan pihak publisher langsung mengklaim, namun monetisasi di non aktifkan oleh pihak Tri Suaka dan Zinidin Zidan.

“Terpaksa klaim manual dan pada tanggal 7 Februari 2022 pihak manajer saya menanyakan lagi ke pihak publisher perihal klaim lagu Emas Hantaran karya saya yang di cover Tri Suaka dan Zinidin Zidan, jawaban publisher sudah diklaim, tapi orangnya kayak batu ga ada etikanya…,” urai Erwin Agam.

Selama ini Erwin Agam sudah mengajak kerjasama dengan pihak Tri Suaka dan Zinidin Zidan, tanpa pernah menanyakan izin mengcover lagu karyanya. Erwin Agam juga tidak pernah menanyakan pembayaran atas hak cipta lagu Emas Hantaran kepada pihak Tri Suaka dan Zinidin Zidan.

“Izin aja saya ga pernah tanya, mendingan kita kerjasama, seperti dia bikin satu konten buat kamu dan satu konten buat kita, jadi bikin dua konten walaupun lagunya sama” imbuh Erwin Agam.

Erwin Agam juga mempersoalkan yang tidak pernah diizinkan tentang pembuatan editan foto thumbnail, karena kata Erwin Agam hal tersebut melangkahi dan melanggar hak-haknya sebagai pencipta lagu. Pembuatan editan foto thumbnail yang dilakukan Zinidin Zidan, masih kata Erwin Agam minta izin sama siapa?.

“Dia sudah melampaui batas, dimana dia (Zinidin Zidan) tidak boleh membuat judul sembarangan seperti ini, dia menghalalkan segala cara,” papar Erwin Agam.

Lagu Emas Hantaran ciptaan Erwin Agam, banyak dicover oleh penyanyi lain seperti Luluk Darara, Era Syaqira, Shinta Gisul, Andi Gayo, para penyanyi yang sudah disebut diatas minta izin kepada Erwin Agam untuk mengcover lagu Emas Hantaran. Erwin Agam dengan tegas mengatakan bahwa yang mengcover lagu Emas Hantaran (selain Tri Suaka dan Zinidin Zidan), semua punya etika dengan meminta izin kepadanya sebagai pencipta lagu Emas Hantaran.

“Tri Suaka dan Zinidin Zidan, selain tidak meminta izin, saya jadi pengemis, manajer saya ke manajer dia jadi pengemis, publisher saya ke manajer dia jadi pengemis juga, jadi ga salah ada komentar di sosial media di postingan saya, dari nitizen bahwa ‘Erwin Agam seniman pengemis, jadi ga salah juga komentar itu karena saya pernah ngemis kok sama Zidan dan Tri Suaka,” ucap Erwin Agam.

Semua permasalahan penggunaan lagu Emas Hantaran yang di cover oleh Tri Suaka dan Zinidin Zidan, sudah diserahkan ke pengacara, mau dikenakan pasal apa itu terserah kuasa hukum Erwin Agam. Selengkapnya wawancara Dafan Mulifa dengan Erwin Agam pencipta lagu Emas Hantaran telah tayang di kanal YouTube Mulifa Chanel dengan judul konten, klik disini ➡️ ERWIN AGAM PERNAH NGEMIS KE TRI SUAKA DAN ZIDAN #SENIMANMINANG (Dafan Mulifa)

Baca juga : EMAS HANTARAN, Lagu Viral Tapi ERWIN AGAM Sang Produser Kecewa Dengan Sang Penyanyi

Baca juga : Aksi Panggung YOLLANDA ‘Emas Hantaran’ Penonton Tetap Membludak Walau Tanpa ARIEF

Lebih baru Lebih lama