Stevie Wonder Musisi Yang Tak Pernah Mengeluh Dengan Keterbatasannya

Jakarta, jalurseleberiti.com – Stevie Wonder lahir pada 13 Mei 1950 di Saginaw, Michigan, USA, dengan nama lahir Stevland Hardaway Judkins. Kelahirannya prematur yang 6 Minggu sebelumnya dari normal, sehingga harus masuk ruang inkubasi, dengan kelahiran yang prematur membuat pembuluh darah dibelakang matanya tidak tumbuh sehingga mengganggu fungsi retina.

Meski mengalami kebutaan sejak balita, ibunya Lula Mae Hardaway mendidik Stevie Wonder dengan kemandirian. Di kota Detroit, Stevie Wonder belajar musik dan vokal. Hardaway yang dikenal sebagai komposer, mengajarkan kemampuan bermusiknya kepada Stevie Wonder sejak usia dini dengan mengajarkan piano, bass dan harmonika.

Nama panggung Stevie Wonder diberikan oleh Berry Gordy, yang merupakan pendiri perusahaan rekaman Motown. Stevie Wonder memiliki bakat bermusik yang luar biasa, sehingga Stevie Wonder direkrut oleh perusahaan rekaman Motown milik Berry Gordy.

Stevie menikah dengan Syreeta Wright pada 1970 dan bercerai 1972. Pada 1972 juga, Stevie Wonder melakukan tour bareng Rolling Stones, dan membuat nama Stevie Wonder semakin dikenal.

Pada usianya yang ke-66 Stevie Wonder merilis 23 album dan satu single lagu. Stevie Wonder sepanjang kariernya telah menjual 100 juta copy rekamannya di seluruh dunia, salah satu single bahkan menduduki peringkat pertama Billboard.

Stevie Wonder memenangkan 25 Grammy Award. Selain penghargaan-penghargaan di bidang musik, Stevie Wonder juga banyak mendapat penghargaan lainnya, seperti : sebagai duta perdamaian PBB sebagai upaya memberdayakan potensi penyandang visibilitas di seluruh dunia, dan juga Stevie Wonder diberi penghargaan Presidential Medal of Freedom oleh Presiden AS Barrack Obama.

Namanya juga diabadikan sebagai nama sebuah jalan di kota kelahirannya. Banyak inspirasi yang bisa diambil dari seorang Stevie Wonder yang tak pernah mengeluh tentang keterbatasan dirinya (dari berbagai sumber).(Red)

Baca juga : Rifo Darma Saputra, S.H.,M.M., Terpilih Menjadi Ketua Umum Forum Komunikasi Artis Minang Indonesia (FORKAMI)

Baca juga : Mengingat Kembali Milad Ke-1 Kotela Pada Tahun 2016 di Balai Kota Tangerang

Lebih baru Lebih lama