Ismail Marzuki Komponis Yang Pahlawan Nasional

Jakarta, jalurseleberiti.com – Ismail Marzuki lahir 11 Mei 1914, dari keluarga Betawi adalah seorang komponis besar Indonesia. Ismail Marzuki memulai kiprahnya saat berusia 17 tahun, ketika untuk pertama kalinya mengarang lagu O Sarinah pada 1931.

Ismail mempunyai ketertarikan yang mendalam pada bidang seni. Tahun 1936, Ismail memasuki perkumpulan orkes musik Lief Java sebagai pemain gitar, saxophone, dan harmonium pompa.

Pada 1940 Ismail Marzuki menikah dengan Eulis Zuraida, primadona di klub musik yang ada di Bandung, dan Ismail Marzuki juga bergabung di klub musik itu. Ismail Marzuki dan Eulis Zuraida mengadopsi keponakan Eulis Zuraida.

Ismail Marzuki turut aktif mengisi siaran musik di RRI, dan mendapat kehormatan menjadi pemimpin orkes studio Jakarta, dan saat itu Ismail Marzuki menciptakan lagu pemilihan umum. Lagu Pemilihan Umum ciptaan Ismail Marzuki, untuk pertama kalinya diperdengarkan pada Pemilu 1955.

Lagu ciptaan Ismail Marzuki yang paling populer adalah Rayuan Pulau Kelapa yang digunakan sebagai lagu penutup siaran stasiun TVRI pada masa pemerintahan Orde Baru. Ismail Marzuki meninggal dunia pada 25 Mei 1958 di usia 44 tahun, dirumahnya dikawasan Tanah Abang Jakarta Pusat, karena penyakit paru-paru yang dideritanya.

Ismail Marzuki mendapat penghormatan pada 1968 dengan dibukanya Taman Ismail Marzuki. Pada tahun 2004. Ismail Marzuki dinobatkan menjadi salah seorang tokoh Pahlawan Nasional Indonesia, artikel ini dinukil dari berbagai sumber.(Red)

Baca juga : Nadin Alyssa Putri, Pemain Sinetron Asal Bogor

Baca juga : Robin Raih Dua Piala Kemenangan Lomba Model Calon Bintang Iklan Dan Sinetron

Lebih baru Lebih lama