Dorce Gamalama Artis Multitalenta Telah Pergi

Jakarta, jalurseleberiti.com – Dorce Gamalama lahir di Solok Sumatera Barat pada tanggal 21 Juli 1963 dan meninggal hari Rabu tanggal 16 Februari 2022 jam 07.30 wib di RS Pertamina Jakarta Selatan. Terlahir dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi, Dorce adalah seorang pria, namun akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang wanita atau bisa disebut juga transgender.

Dorce Gamalama dikenal sebagai seorang penghibur, dengan berbagai profesi pernah dilakoninya, pelawak, pembawa acara, pemain film juga musik. Dorce Gamalama merupakan anak dari pasangan Ahmad Ketjepet dan Dalifah, kedua orang tuanya telah meninggal dunia ketika Dorce masih anak-anak.

Sejak ditinggal kedua orang tuanya, Dorce diasuh oleh sang nenek yang bernama Siti Darma. Saat usia Dorce 2 tahun, sang nenek mengajak Dorce pindah ke Jakarta. Karier musik dari Dorce Gamalama diawali dengan bernyanyi bersama Bambang Brothers, saat Dorce masih duduk di bangku SD.

Ketika duduk di bangku SMP, Dorce semakin tidak tertarik dengan pelajaran di sekolahnya, Dorce lebih fokus ke karir bernyanyinya. Saat itu kecenderungannya lebih tertarik kepada pria, hal ini pun membuat penampilannya di panggung lawak dengan berpura-pura jadi pemeran wanita.

Hingga kala itu dia mendapat panggilan dari Myrna pemimpin kelompok tari Waria Fantastic Dolls yaitu Dorce Ashadi. Semakin terperangkap dalam tubuh laki-laki, Dorce memutuskan untuk operasi ganti kelamin menjadi seorang wanita.

Operasi tersebut dilakukan di Surabaya, walau mendapat tantangan dari berbagai pihak, kejadian ini juga diberitakan luas oleh media massa saat itu dan membuat Dorce justru semakin terkenal. Setelah tampil di TVRI Surabaya, Dorce mulai tampil juga di TVRI Pusat Jakarta dan diundang untuk tampil diberbagai kota di Indonesia.

Berbagai torehan prestasi telah diraih oleh Dorce, antara lain keberhasilannya masuk sebagai presenter papan atas. Juga peluncuran 9 album lagu sekaligus hanya dalam waktu 5 bulan, Dorce pun mendapat Book Record MURI.

Album yang melibatkan 74 artis mencatatkan nama Dorce diurutan 1883 dalam daftar penerimaan penghargaan MURI. Dalam perjalanan kariernya Dorce sempat beberapa kali mengganti nama panggung, dia pernah menggunakan nama Dorce Ashadi, Dorce Urang Aring, Dorce Manise, Dorce Elkapeer, dan pada akhirnya mantap menggunakan nama Dorce Gamalama.

Nama Gamalama menurut Dorce, dia mendapat inspirasi menggunakan nama Gamalama dari suatu perjalanan untuk menyanyi di Ternate bersama alm. Benyamin Sueb, saat itu Dorce melihat Gunung Gamalama

Nama Dorce Gamalama mulai digunakan sejak tahun 1984 dengan pengesahan oleh Sultan Mudaffar Sjah dari Ternate serta Myrna Fantastic Dolls. Setelah menunaikan ibadah haji Dorce mendapatkan nama Halimatus Sadiah, Dorce juga mengadopsi 3 anak bernama Rizky, Fatimah dan Khadijah.

Dorce pernah tampil setiap hari di TransTV memadu acara Dorce Show sejak Januari 2005 dan penayangannya dihentikan pada April 2009 dan diganti dengan D’Show. Sebelumnya Dorce juga menjadi pembawa acara Kencan di Indosiar bersama Eko Patrio sejak tahun 2002 hingga 2005. Serta sering menjadi bintang tamu diacara-acara reality show di berbagai stasiun televisi.

Kabar duka meninggal dunia Dorce Gamalama disampaikan rekannya Pakde Prapto Pempek, “Innalilahi Wainnailaihi Rojiuun, Saya Pakde Prapto Pempek menyampaikan turut berduka cita atas wafatnya sahabat kami artis senior Bunda Dorce Gamalama, yang baik hati, Insya Allah Sahabat kami Dorce Gamalama wafat dalam kondisi Husnul Khatimah, diampuni segala dosa, salah dan khilafnya dan diterima amal ibadahnya, serta ditempatkan pada maqam yang paling mulia disisi Allah SWT”.

“Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan sabar, kuat, tabah, tawakal dan ikhlas, Aamiin Yaa Rabbal Alamin”, doa Pakde Prapto Pempek untuk sahabatnya Dorce Gamalama.(Red)

Baca juga : Rifo Darma Saputra, S.H.,M.M., Terpilih Menjadi Ketua Umum Forum Komunikasi Artis Minang Indonesia (FORKAMI)

Baca juga : David Udjan Bintang Tamu Milad ke-3 Komunitas Musik DIRGANTARA di Bandar Lampung

Lebih baru Lebih lama