Padepokan parukuyan Bandung Sebagai Wadah Para Seniman Dan Budayawan Se- Nusantara


Bandung - Media Rakyat Nusantara.online, - Padepokan Parukuyan Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung ini merupakan Wadah  para seniman dan budayawan dari berbagai daerah maupun Mancanegara , yang kehilangan ruang eksistensi untuk mengembangkan dan melestarikan budaya di masa pandemi Covid -19 . Minggu, 31/10/2021.

Indonesia yang penuh aneka budaya dari Sabang sampai Merauke , namun pemerintah tidak melestarikan dan memeliharanya , saat awak media mengunjungi lokasi Padepokan Parukuyan dan melihat langsung kegiatan budaya yang luar biasa dan harus didukung  untuk mengenalkan budaya Indonesia dengan aneka ragam budaya .



Kegiatan kemudian mendapat respon yang sangat positif dari warga sekitar, hingga terlahir simbiosis yang positif antara pertunjukkan seni-budaya berjalan setiap Minggu dan satu bulan sekali serta Kini bahkan banyak warga yang turut serta berjualan untuk mencari rezeki.

Sapaan tenarnya Papih Yon ( Yon Suparman ) Pemilik Padepokan Parukuyan saat awak media mewawancarai mengatakan Tujuan saya hanya ingin memperkenalkan serta mempersatukan seni budaya yang ada di Indonesia khususnya Bandung hingga keluar daerah atau mancanegara.

Mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan , karena dengan wadah seperti ini    harapan saya untuk mempersatukan seni budaya yang ada di Indonesia untuk bisa di kenali oleh dunia lain yang beragam suku dan budaya , serta meningkatkan pariwisata di Indonesia itu kaya akan budaya,  Ungkapnya.

"Bukan hanya Seni dan Budaya Namun Kuliner pun kita kenalkan untuk meningkatkan pariwisata dan perekonomian yang saat ini tidak baik di negara kita ini , Indonesiaku"

Acara hari  ini dengan tema Papua di tanah Pasundan membuat antusias para seniman dan budayawan serta masyarakat Bandung , Tangerang , Garut , Sumedang , Kalimantan pun hadir untuk melihat langsung dan silahturahmi  sesama para seniman dan budayawan.

Seni Budaya itu adalah jati diri kita , dengan menyatunya seni budaya yang kita punya khususnya daerah kita yaitu Papua .

Kita bisa melestarikan dan memelihara budaya kita di daerah lain seperti di tanah Pasundan ini , ujar Leuwi dan & Frans Koordinator Seni Budaya Papua.


.( Red.) 

Lebih baru Lebih lama