Membentuk Karakter Generasi Mahasiswa Akutansi Syariah yang Religius, Profesional Serta Mempunyai Rasa Solidaritas Yang Tinggi


Bangka.Mediarakyatnusantara.Online
- Belitung.Minggu-24-10-2021, Mahasiswa IAIN SAS (Syaikh  Abdurrahman Siddik ) bangka belitung ,Mahasiswa jurusan Akutansi Syariah, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Mengadakan kegiatan bimbingan terhadap mahasiswa baru jurusan Akutansi syariah ,

Saat dikonfirmasikan, Riska Dewi selaku sekertaris umum Himpunan Mahasiswa Akutansi " dalam kegiatan ini merupakan kegiatan masa bimbingan ketika ada penerimaan mahasiswa baru , menurut, Riska Dewi , ada kegiatan PBAK ini merupakan kegiatan dalam pendidikan karakter ,untuk generasi mahasiswa, untuk membangun  suatu bangsa yang besar yang maju dibutuhkan karakter maupun sumber daya manusia (SDM) yang unggul untuk mengahadapi perubahan zaman. 



Menurut Riska Dewi, kegiatan  ini merupakan kegiatan masa bimbingan , jadi, setiap tahunnya setelah penerimaan mahasiswa Baru maka kampus akan melaksanakan kegiatan yang namanya PBAK, kalau di PTN yang bukan dibawah kemenag lebih jelas kemendikbud namanya itu PKKMB ,kalau di IAIN Namanya PBAK yang mana institusi tersebut dibawah kemenag ,karena kami dari institut Agama Islam negeri jadi namanya PBAK ,setelah PBAK , ada kegiatan (PBAK Fakultas) kalau Fakultas kami ini dari Fakultas syariah dan Ekonomi Islam ,setelah kegiatan itu , maka ada masa bimbingan yang di ambil alih masing masing Himpunan Mahasiswa prodi termasuk prodi kami yaitu akuntansi syariah. Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Akuntansi bernama Aryo Gustami dan Wakilnya bernama Dimas Pratama Wijaya. Dalam kegiatan ini Wakil Ketua yaitu Dimas Selaku Ketua pelaksana kegiatan. Dan ketua Umum yaitu Kak Aryo Gustami tidak bisa membersamai kegiatan dikarenakan beliau lagi KKN. 

Jadi kami melaksanakan kegiatan masa bimbingan ini selama satu smester namun, yang telah terjalankan sudah tiga minggu , maka hari ini merupakan bimbingan minggu ketiga , dalam minggu ketiga ini ,kita nama kan malam keakraban.

Dalam malam keakraban ini, diikuti oleh 66 mahasiswa dimana ada 4 mahasiswa yang tidak bisa membersamai dikarenakan ada beberapa kendala. Mahasiswa prodi Akutansi Syariah tahun 2021 ini terdiri dari tiga kelas.

Kegiatan  malam keakraban ini, malam nya di isi kegiatan materi, (tentang Peran dan Fungsi Mahasiswa dalam berorganisasi) yang diisi oleh Imam yudi saputra, saat Materi diberikan dihadiri beberapa undangan dari Presma IAIN (Yudi Diansyah Setiawan ) dan Wapresnya Rendi Hardiansyah, kemudian di hadiri oleh kakak kakak lainnya sebagai demisioner Akutansi ,salah satunya kak Hiru Subandri ,kak Nadilah intan Amni, kak Melisa, kak Jumara ,kak Nurul ,kak Akbar dan kak Fatur , untuk rangkaian pagi nya ada outbound dimana kegiatan ada beberapa pos pos ,tentang materi dan Game Game. 

Menurut Riska Dewi , untuk tahun tahun sebelumnya sebatas dengan kegiatan Malam keakraban  ,untuk tahun ini in Syaa Allah lebih berlanjut selama satu semester untuk sistem tiga minggu cukup sampai malam keakraban ini ,untuk kelanjutannya mung kita akan menerapkan cara Perpakaian mereka ,dalam satu minggu perkuliahan  ditentukan jadwal outfitnya dan juga mungkin kita akan ada sharing  terkait Akutansi selama satu semester sehingga mereka tidak kaku.

Maka untuk kedepannya, Insya Allah mungkin ada pembaruan lagi, kita liat perencanaan  yang akan kita lakukan ini, apakah ada yang kurang, maka akan kita tingkatkan lagi di tahun mendatang tergantung pengurus yang baru, ungkapnya Riska Dewi.

Hiru selaku demisioner, kegiatan ini merupakan kegiatan bimbingan Angkatan kelima , yang mana upaya ini sebagai dasar utama dalam penyajian kurikulum tidak hanya menekan potensi (hardskill) akan tetapi perlu juga untuk menggali potensi (Softskill), dari mahasiswa yang senantiasa relevan dengan kebutuhan stakholder.

Dalam kegiatan bimbingan selama tiga minggu ini para mahasiswa kelihatan selalu mengikuti  prokes yang di anjurkan oleh pemerintah, dan selalu mengunakan masker.(Jusriadi/sipon)

Lebih baru Lebih lama