Kepala UPT BP2MI Serang Resmikan Rumah Baca Anak Pekerja Migran di Desa Pasilian


TANGERANG - mediarakyatnusantara.online
,- Kepala UPT BP2MI (Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia) Serang, Joko Purwanto meresmikan Rumah Baca Anak Pekerja Migran (Rubajami) di Kp. Pasilian Lama, RT 006/03, Desa Pasilian Kec. Kronjo, Kab. Tangerang, Jumat (17/9/2021).

Peresmian Rubajami juga dihadiri Kabid Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Disnaker Kab. Tangerang, Hj. Iis Kurniati, Camat Kronjo H. Tibi, M.Mpd., M.Si, KP., Kades Pasilian H. Dulatip, Kades Blukbuk, Ketua FPMI Marnan Sarbini, Pengurus TBM Omah Ilmu Almuadam, Founder InfoTerbit Grup Ananta, dan Wapimred NuansaNuantara Damin.

Dalam sambutannya, Founder InfoTerbit Grup Ananta menyampaikan Rubajami di Desa Pasilian ini adalah rumah baca ketiga yang telah didirikan untuk anak-anak para pekerja migran. 

Sebelumnya, InfoTerbit bersama FPMI sudah melaunching Rubajami di Mekar Baru Tangerang dan Tanara Kab. Serang.

"Kami terpanggil untuk ikut mendampingi anak-anak pekerja migran yang dalam kesehariannya tidak mendapatkan kasih sayang orang tua, terutama ibunya karena kerja ke luar negeri," ujar Ananta.

Melalui Rubajami, pihaknya menyediakan buku bacaan, melatih ketrampilan dan bakat serta membantu pendampingan pelajaran sekolah.

Ketua FPMI Kab. Tangerang Marnan Sarbini menjelaskan, selain Rubajami, pihaknya bersama InfoTerbit Grup kini juga membina kelompok UMKM yang anggotanya adalah mantan pekerja migran/eks TKW.

"Kita membina lima kelompok UMKM yang per kelompok berjumlah 20 orang sehingga total ada 100 mantan pekerja migran yang berhimpun dalam UMKM yang kami bina," jelas Marnan.

Camat Kronjo H. Tibi, M.Mpd., M.Si, KP., bersama Kades Pasilian H. Dulatip berterima kasih atas inisiatif InfoTerbit Grup dan FPMI yang melakukan aksi sosial membuka rumah baca. "Semoga hadirnya rumah baca ini dapat meningkatkan kualitas SDM anak-anak di sini," katanya.

Hal sama disampaikan oleh Kabid Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Disnaker Kab. Tangerang, Hj. Iis Kurniati. Menurut Iis, Disnaker akan terus mendukung berbagai program yang berkaitan dengan pekerja migran. 

"Saat ini kita juga terus mencegah tenaga kerja migran yang akan berangkat ke luar negeri. Sebab, kebijakan pemerintah melarang penempatan tenaga kerja di sana. Kerena itu, kami dorong agar mereka punya usaha sendiri sehingga tidak berfikir untuk keluar negeri," ujarnya.

Sementara itu, dalam sambutannya saat membuka Rubajami, Kepala UPT BP2MI Serang Joko Purwanto berterima kasih atas kepedulian dari media online InfoTerbit Grup dan FPMI (Forum Perlindungan Migran Indonesia) yang selama ini konsisten melakukan pendampingan bagi pekerja migran/TKW dan keluarganya.

"Kami memberikan apresiasi atas ide kreatif InfoTerbit Grup dan FPMI membuka rumah baca untuk anak pekerja migran. Ini adalah pekerjaan mulai dan BP2MI mendukung penuh," ujarnya didampingi Kasi Kelembagaan dan Pemasyarakatan Program UPT BP2MI Serang, Berliandy SH.

Dalam acara itu, Rubajami NuansaNusantara Desa Pasilian juga mendapat bantuan buku dari TBM Umah Ilmu dan Disnaker Kab. Tangerang.

Selain itu juga dibagikan santunan yatim piatu dari UPT BP2MI Serang dan FPMI-InfoTerbit-NuansaNusantara bagi anak-anak yatim piatu Desa Pasilian. Di sisi lain, Disnaker Kab. Tangerang juga menyerahkan bantuan uang kepada guru ngaji yang juga mantan TKW/pekerja migran, Ny. Aswati.(red)

Lebih baru Lebih lama