Perjalanan Grup Band Led Zeppelin

Jakarta, jalurseleberiti.com – Pada 1968 Led Zeppelin dibentuk oleh Jimmy Page dengan ciri khas warna musik yang menonjolkan suara gitar yang unik, keras dan berat. Led Zeppelin dianggap sebagai salah satu band heavy metal yang pertama. Sebagian besar lagu-lagu mereka merupakan interpretasi musik blues dan folk yang diberi nuansa rock, termasuk rockabilly, reggae, soul, funk, jazz, musik klasik, musik Kelt, musik India, musik Arab, musik pop, musik Amerika Latin, dan musik country (dikutip dari Wikipedia).

Led Zeppelin dengan personel Jimmy Page (gitar), Robert Plant (vokal), John Paul Jones (bass), dan John Bonham (drum). Petikan gitar Jimmy Page dan gebukan drum John Bonham merupakan daya tarik tersendiri bagi para penggemar Led Zeppelin disebagian besar dunia yang pernah disinggahi Led Zeppelin, dan penampilan Led Zeppelin pun pada 1970 menyihir penggemarnya di Istora Senayan.

Led Zeppelin pernah menggeber aksi promo secara besar-besaran seantero Inggris Raya, tak pelak aksi promo tersebut mengundang kritik tajam dari The Rolling Stones. Namun ada pula pujian yang dialamatkan kepada Led Zeppelin. Robert Plant berujar.

“Saya tak peduli dengan caci maki pers dan pengamat musik, saya kira mereka belum tahu siapa kami, biar massa yang menilai apakah Led Zeppelin tetap disenangi atau tidak”.

Setelah rekaman perdana Led Zeppelin di buru orang, pada tahun yang sama 1969 Led Zeppelin tak menyia-nyiakan kesempatan emas meroketkan namanya dengan merilis dua album sekaligus. Kali ini Jimmy Page sendiri yang memproduseri rekaman dengan mayoritas lagu berorientasi blues pada 12 Januari 1969.

Setelah Led Zeppelin semakin terkenal di dunia, mereka siap-siap melakukan konser di Inggris dan Amerika Serikat dengan jadwal manggung sebanyak 139 kali. Led Zeppelin resmi bubar setelah John Bonham sang drummer meninggal dunia pada 1980, namun musik-musiknya tetap melegenda dan tetap digemari para fansnya diseluruh penjuru dunia. Album Led Zeppelin telah terjual 300 juta keping diseluruh dunia, termasuk 111,5 juta unit bersertifikat di Amerika Serikat.

Sehingga membuat Led Zeppelin salah satu band paling laris sepanjang masa, dan semua lagu Led Zeppelin mencapai 10 puncak tangga lagu di Billboard Amerika Serikat. Selain itu, Led Zeppelin menempati urutan nomor satu dalam Daftar 100 Artis Hard Rock Terbesar (100 Greatest Artists of Hard Rock) versi VH1.

Demikianlah sejarah Grup Band Led Zeppelin asal Inggris yang melegenda dan tetap dicintai penggemarnya sampai dengan saat ini.(Red)

Baca juga :

Pernikahan ALVIN DARMAWAN dengan LATIFAH AINURRAHMAH, Minggu 8 Agustus 2021

Mengingat kembali Perform “Ki Serbet Nova” Pada Acara Reuni Alumni SMPN 79 Angkatan 83

Heru Tukul di Single Langgam Keroncong “Tragedi Virus Corona”

Lebih baru Lebih lama