KI SERBET NOVA Pembaca Puisi Dan Penyanyi Panggung, Penggemar Berat Elvis Presley

Jakarta, jalurseleberiti.com- Ki Serbet Nova, jika kita mau kategorikan dalam dunia seni, terutama seni tarik suara adalah penyanyi panggung atau istilahnya off air. Hal tersebut terutama ketika alumni sekolahnya mengadakan reuni baik SD, SMP dan SMA nya, Ki Serbet Nova akan tampil menyemarakan reuni itu dengan menyumbangkan beberapa lagu.

Ditemui tim media (Media Jalur Seleberiti, Media Merak Nusantara, Media Rakyat Nusantara dan Media Independen) Selasa (17/8/2021) di kediamannya, Ki Serbet Nova mengakui bahwa awalnya dia tidak pernah tampil di panggung sebagai penyanyi, kiprahnya didunia seni dimulai ketika dia sering tampil di beberapa acara untuk membaca puisi.

“Saya dulu sering ikut lomba baca puisi, dan pernah menjadi juara ke-3 untuk tingkat provinsi DKI Jakarta” kenangnya.

Ketika media bertanya awal hobi baca puisi dari mana? Ki Serbet Nova pun menjawab, “waktu kelas 5 SD saya ga bisa baca puisi, saya lihat teman-teman saya sekelas kok pada bisa, saya malu karena tidak bisa baca puisi di depan guru dan teman-teman SD saya”, jelasnya.

Pada 1979 ada sebuah program di televisi Bintang Kecil, dan bertepatan dengan HUT RI pada saat itu, di acara televisi itu ada yang sedang membaca puisi.

“Saya ingat ada yang baca puisi seorang wanita berjudul Pahlawan Tak Dikenal karya Toto Sudarto Bachtiar yang isi puisinya seperti ini, ’10 tahun yang lalu, dia terbaring, tapi bukan tidur sayang, sebuah luka bundar di dadanya…”

Akhirnya dari tayangan televisilah Ki Serbet Nova mulai mencari tahu tentang puisi, dengan membeli buku-buku puisi. Dan saat memasuki bangku SMP Ki Serbet Nova mulai mahir membaca puisi dan ditambah teman-teman di SMP nya ada yang juga mahir membaca puisi hingga semakin cinta dengan dunia seni membaca puisi. Hobi membaca puisi pun berlanjut saat duduk di bangku SMA.

“Setamat SMP saya mulai membaca puisi diberbagai acara dan sampai sekarang saya pun masih membaca puisi, seperti di PRJ dalam acara mengenang Bang Bens”.

Di dunia seni tarik suara Ki Serbet Nova mulai mengenalnya sejak diajak teman SMP nya. Ki Serbet Nova pun acap kali tampil di acara-acara reuni sekolahnya untuk menyanyi.

“Saya pertama mulai nyanyi di rumah seorang teman judul lagunya Semalam di Cianjur, dan sebenarnya saya dari kecil sudah hobi lagu-lagu Elvis Presley dan banyak hapal lagu-lagu Elvis, jadi saya belajar lagu sudah sejak kecil tapi untuk diiringi musik baru sekarang, di acara reuni alumni sekolah saya”.

Sejak Pandemi Covid-19 sebagai mana kita ketahui dunia hiburan di tanah air bisa kita katakan terhenti total. Banyak para pelaku seni tanah air mengeluh dengan kondisi ini, namun ada juga yang mencari pekerjaan lain demi memenuhi kebutuhan hidup. Ki Serbet Nova pun mengalami hal yang sama.

“Rencana saya mau membuat ruang untuk bernyanyi harus terhenti dan kegiatan saya sekarang pelihara ayam Bangkok dan ayam Birma untuk mengisi kekosongan, karena kalau tidak seperti itu kita tidak mempunyai penghasilan”.

Ki Serbet Nova berharap setelah Pandemi, “setelah Pandemi saya rasa semua pelaku seni sama, mau segera berkarya setelah hampir 2 tahun terbengkalai dan kita semua rindu dengan kehidupan sebelum adanya covid”.

Dalam waktu dekat Ki Serbet Nova akan merilis single lagu, ketika dikonfirmasi mengenai hal itu, Ki Serbet Nova mengatakan,

“Doa kan saja dalam waktu dekat saya akan merilis single lagu, semua sudah saya rencanakan seperti lagu mungkin karya saya sendiri, penata musik saya sudah menghubungi orangnya, studio rekaman juga sudah ada dan kreator videonya sudah ok ditambah biar video klipnya makin enak ditonton pakai penari latar, kemungkinan ada 3 single yang akan saya rilis”, tandasnya.(Red)

akun FB Ki Serbet Nova :
@kurnanova_mustafa

Baca juga :

Pernikahan ALVIN DARMAWAN dengan LATIFAH AINURRAHMAH, Minggu 8 Agustus 2021

Mengingat kembali Perform “Ki Serbet Nova” Pada Acara Reuni Alumni SMPN 79 Angkatan 83

Heru Tukul di Single Langgam Keroncong “Tragedi Virus Corona”

Lebih baru Lebih lama