Chrisye Musisi Legendaris

Jakarta, jalurseleberiti.com
H. Chrismansyah Rahadi lahir dengan nama Christian Rahadi (lahir di Jakarta, 16 September 1949, meninggal di Jakarta, 30 Maret 2007 pada umur 57 tahun) yang lebih dikenal dengan nama panggung Chrisye, merupakan seorang penyanyi dan pencipta lagu asal Indonesia.

Perjalanan Chrisye di dunia musik berawal ketika keluarga Chrisye pindah rumah ke Jalan Pegangsaan Jakarta Pusat, saat itu usia Chrisye 6 tahun. Dan bertetangga dengan keluarga Saidi Hasyim Nasution. Bertetangga dengan keluarga Nasution, itulah yang membuka jalan Chrisye mengenal dunia musik.

Pada pertengahan 60’an Nasution bersaudara membentuk grup band “Sabda Nada”, Gauri Nasution mengajak Chrisye bergabung sebagai pemetik bas gitar menggantikan Edi Odek yang sakit. Sejak saat itulah Chrisye, bersama band Sabda Nada tampil diberbagai acara pernikahan dan undangan ulang tahun. Secara rutin Band Sabda Nada tampil di Mini Disco Jalan Juanda, selain sebagai bassist Chrisye sesekali tampil sebagai vokalis.

Band Sabda Nada kemudian menjadi Gipsy Band pada 1969, dan sejak itu nama Chrisye digunakan sebagai nama panggung yang sebelumnya dikenal dengan nama Christian. Jadwal Gipsy Band yang sangat padat membuat Chrisye berhenti kuliah di UKI dan pindah ke Akademi Pariwisata Tri Sakti.

Ketika Gipsy mendapat tawaran manggung di Ramayana Restoran New York, Chrisye tidak langsung bisa bergabung dan bergabung pada pertengahan 1973. Setelah pulang dari New York, Gauri Nasution memperkenalkan Chrisye dengan Guruh Soekarno Putra. Dan pada saat itu Nasution Bersaudara sedang merancang proyek musik bersama Guruh dan Chrisye dilibatkan diantaranya sebagai penulis lagu.

Pada pertengahan 1975, Chrisye sempat kembali ke New York, kali ini bersama The Pro’s, namun akhirnya harus kembali ke Indonesia karena adiknya meninggal dunia. Sejak kematian adiknya Chrisye dirundung kesedihan dan vakum dari dunia musik beberapa saat. Dan pada proyek musik Guruh Gipsy, Nasution Bersaudara melibatkan Chrisye membawakan sejumlah lagu.

Album Guruh Gipsy dirilis pada 1976 dan meledak dipasaran. Pada 1977, Sys NS menawarkan Chrisye membawakan lagu Lilin Lilin Kecil karya James F Sundah dan menjadi salah satu pemenang LCLR Prambors.
Dan lagu Lilin Lilin Kecil yang dipopulerkan oleh Chrisye, sangat terkenal hingga Chrisye dikenal sebagai seorang penyanyi hingga akhir perjalanan Chrisye di dunia musik.

Sampai saat ini, Lilin-Lilin Kecil telah dirilis ulang dalam lebih dari lima puluh versi. Majalah Rolling Stone Indonesia menempatkannya sebagai peringkat ketiga belas lagu berbahasa Indonesia terbaik sepanjang masa.

Dan perkenalannya dengan Guruh Soekarno mempertautkan tali asmaranya dengan Gusti Firoza Damayanti Noor biasa disapa Yanti.
Pada 1982 Chrisye dan Yanti memutuskan untuk menikah, yang berlangsung pada 12 Desember 1982. Sebelumnya Chrisye sudah memeluk Agama Islam dan mengganti namanya menjadi Chrismansyah Rahadi, dengan nama lahir Christian Rahadi.(Red)

Dari berbagai sumber

Baca juga :

Pernikahan ALVIN DARMAWAN dengan LATIFAH AINURRAHMAH, Minggu 8 Agustus 2021

Mengingat kembali Perform “Ki Serbet Nova” Pada Acara Reuni Alumni SMPN 79 Angkatan 83

Heru Tukul di Single Langgam Keroncong “Tragedi Virus Corona”

Lebih baru Lebih lama